EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH DALAM MENGATASI RENDAHNYA MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III

MUHAMMAD SUBHAN, NIM: 1320410123 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH DALAM MENGATASI RENDAHNYA MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH DALAM MENGATASI RENDAHNYA MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH DALAM MENGATASI RENDAHNYA MAHAROH KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara (maharah kalam) antara kelompok yang dibelajarkan melalui metode mubasyarah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang populasinya seluruh siswa kelas X di MAN Yogyakarta III. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS 2 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 32 orang siswa dan siswa kelas X MIPA 3 MAN Yogyakarta III yang berjumlah 32 orang siswa. Data keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan instrument tes keterampilan berbicara yang dilengkapi rubrik penilaian. Hasil tes akhir pembelajaran (post-test) diketahui bahwa rata-rata nilai keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 80,38 dan kelompok kontrol adalah 76,81. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan statistik uji t, diperoleh t hitung= 3,074 > t tabel= 1.999. Maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara kelompok yang dibelajarkan melalui metode mubasyarah dengan kelompok yang dibelajarkan melalui metode konvensional dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Jadi disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan metode mubasyarah berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X MAN Yogyakarta III.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Alwan Khoiri, M.A
Uncontrolled Keywords: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE MUBASYAROH
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:23
Last Modified: 21 Oct 2015 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum