Ulwi Albab, S.Pd.I., NIM: 13.204.111.27 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA/SISWI MADRASAH DINIYYAH AWWALIYAH ALHIKMAH DEMAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA/SISWI MADRASAH DINIYYAH AWWALIYAH ALHIKMAH DEMAK)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA/SISWI MADRASAH DINIYYAH AWWALIYAH ALHIKMAH DEMAK)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan lembaga ma’arif di Madrasah Diniyyah Awwaliyah al-Hikmah Demak untuk memiliki buku ajar Imlã’ yang sesuai dengan kurikulum madrasah, sekaligus bisa menjawab permasalahan siswa dan guru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar dan menguji kelayakan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan metode Borg & Gall yang disederhanakan. Pengembangan bahan ajar dilakukan dalam enam tahapan yaitu:(1) melakukan analisis kenutuhan, (2) menyusun desain pengembangan dengan berpedoman pada kurikulum mata pelajaran Imlã’ Madrasah Diniyyah Awwaliyah al-Hikmah, (3) menyusun produk awal, (4) mengevaluasi produk oleh validator ahli dan melakukan revisi berdasarkan masukan dari dua orang validator, (5) melakukan uji coba lapangan dan merevisi produk bahan ajar, dan (6) menyusun produk akhir. Hasil penelitian berupa buku ajar berjudul “ Durusul Imlã’ (li Talamiḍ bil Madrasah ad-Diniyyah al-Islamiyah)”, yang ditujukan bagi siswa kelas I dan II Madrasah Diniyyah Awwaliyah al-Hikmah Demak. Struktur bahan ajar untuk kelas I terdiri dari: (a) sampul depan, (b) kata pengantar, (c) pedoman transliterasi, (d) petunjuk pemakaian, (e) daftar isi, (f) sampul setiap unit pelajaran, (g) tahapan pembelajaran yang terdiri atas 4 unit pembahasan, yang terbagi dalam tujuh unit materi pelajaran, yaitu huruf hijaiyah dan harakat, al-syamsiyah dan al-qomariyah, hamzah dan penulisan ta’, dan penulisan pegon (h) daftar rujukan. Sedangkan struktur bahan ajar untuk kelas II terdiri dari: (a) sampul depan, (b) kata pengantar, (c) pedoman transliterasi, (d) petunjuk pemakaian, (e) daftar isi, (f) sampul setiap unit pelajaran, (g) tahapan pembelajaran yang terdiri atas 4 unit pembahasan, yaitu penulisan kata dasar, penulisan kata majemuk, penulisan kata ulang, dan penulisan kata turunan (h) daftar rujukan, dan (i) glosarium. Setelah dilakukan uji validasi bahan ajar oleh ahli media, diketahui rerata baik dari aspek tampilan maupun penyajian adalah 3,0 dengan kataegori “Baik”. Dari aspek materi, diketahui bahwa penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran dan materi rerata total skornya adalah 3,3 dengan kategori “Baik”. Adapun tanggapan/respon guru mata pelajaran Imla’ terhadap kualitas buku ajar yaitu pada aspek media rerata skor 3,9 dengan kategori “Baik” dan dari segi tampilan rerata skor 4,0 dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan dari aspek materi dari segi isi rerata skor 3,2 dengan kategori “Baik” dan dari segi pembelajaran rerata 3,6 dengan kategori “Baik”. sedangkan respon 30 siswa terhadap kualitas buku ajar yang dikembangkan mendapat rerata 3,4 untuk kelas I dan 3,5 untuk kelas II dengan kategori “Baik”. dengan demikian bahan ajar yang berjudul ” Durusul Imlã’ (li Talamiḍ bil Madrasah ad-Diniyyah al-Islamiyah” direspon dengan positif oleh para ahli, guru dan siswa, sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Imlã’
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Abdul Munip, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | desain buku ajar, pengembangan bahan ajar, buku ajar Imlã’. |
Subjects: | Pendidikan Islam (Pesantren) |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 09:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 09:07 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17675 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |