PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE

Siti Maratus Solekah, S.Pd.I, NIM : 1320411138 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH QIRĀ’AH UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE LECTORA INSPIRE)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Maharah qira’ah merupakan salah satu kemahiran yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk mengukur maharah qira’ah ialah dengan mengadakan tes. Pemberian tes berfungsi untuk memperoleh informasi tentang sejauhmana pengetahuan peserta didik terhadap pembelajaran. Jadi keterampilan pengajar dalam merancang tes sangat penting. Dalam praktiknya, seringkali pengajar membuat instrumen tes tanpa mengikuti aturan-aturan tertentu. Dengan demikian, soal tersebut belum tentu sesuai indikator apa yang akan diukur. Sementara itu, soal yang baik adalah soal yang memiliki kualitas baik dan bisa mengukur apa yang hendak diukur. Maka dari itu, penelitian ini penulis anggap penting dilakukan dengan tujuan mengembangkan instrumen tes sesuai tujuan qira’ah menurut Mahmud Kamil an-Naqah dan dianggap layak untuk mengukur keterampilan qira’ah dalam pembelajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan teori yang berkaitan dengan instrumen tes maharah qira’ah, tujuan yang menjadi indikator pengembangan tes serta pengenalan tentang software lectora inspire. Adapun teori pengembangan dalam penelitian ini, penulis mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dideskripsikan oleh Sugiyono dalam buku metode kualitatif, kuantitatif dan R&D. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Langkahlangkah pengembangannya terdapat sepuluh tahapan yaitu: identifikasi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan pembuatan produk masal. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian diketahui bahwa Hasil dari validator isi/materi dapat diketahui bahwa kualitas isi/materi dalam isntrumen tes maharah qira’ah memiliki kriteria baik dengan skor rata-rata 4 dan layak digunakan, Dan hasil dari validator IT dapat diketahui bahwa dari aspek tampilan produk memiliki kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 4,625 dan layak digunakan. Serta respon dari subjek uji coba diketahui mendapat kriteria baik dengan skor rata-rata 3,73. Dan dari hasil uji coba diketahui bahwa dari 50 soal yang diujicobakan terdapat 14 soal yang tidak layak digunakan atau 28% dari keseluruhan soal, karena 14 butir tes tersebut merupakan tes yang tidak signifikan atau tidak valid dan tingkat kesukarannya sangat mudah dan terdapat 36 butir soal atau 72% dari keseluruhan soal yang layak digunakan, karena merupakan butir tes yang signifikan dan sangat signifikan serta memiliki tingkat kesukaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, Maharah Qira’ah, Software Lectora Inspire
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 09:07
Last Modified: 16 Oct 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum