PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS “TUNAGRAHITA” (Studi atas Siswa SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta)

Alhairi, NIM (1320411163) (2015) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS “TUNAGRAHITA” (Studi atas Siswa SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS “TUNAGRAHITA” (Studi atas Siswa SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS “TUNAGRAHITA” (Studi atas Siswa SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi dan didasari oleh Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional pada pasal 5 ayat 2 yang menyatakan bahwa; “Warga Negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual maupun sosial berhak memperoleh pendidikan khusus”. Selain itu disebutkan juga dalam pasal 32 bahwa “Pendidikan khusus (pendidikan luar biasa) merupakan pendidikan bagi yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, mental, emosional, dan sosial. Serta dalam PP. No. 72 tahun 1991 Bab II pasal 2 disebutkan bahwa tujuan pendidikan luar biasa adalah membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik dan mental agar mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai peribadi maupun anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal-balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan lanjutan. Berdasarkan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut di atas, dapat peneliti jadikan sebagai dasar yang kuat terhadap pelaksanaan pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khusus, terutama kepada anak tunagrahita di SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta, untuk mendapatkan pendidikan yang layak seperti halnya pada anakanak yang normal lainnya. Sehingga dengan demikian diharapkan tidak adanya tindakan diskriminasi antara mereka dengan anak yang normal. Maka dengan demikian akan menumbuhkan motivasi, baik bagi orang tua mereka maupun bagi mereka sendiri untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka demi meraih kehidupan yang hakiki. Adapun penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum mengenai Penanaman Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta yang menyandang retardasi mental (tunagrahita), serta menyajikan dan menguraikan nilai-nilai apa saja yang ditanamkan, bagaimana metode yang digunakan, bagaimana tingkat keberhasilan yang dicapai serta menguraikan tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman pendidikan karakter tersebut. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diarahkan kepada lapangan (field research). Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum mengenai Penanaman Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA-LB Negeri 1 Yogyakarta yang menyandang retardasi mental (tunagrahita), serta menyajikan dan menguraikan nilai-nilai apa saja yang ditanamkan, bagaimana metode yang digunakan, bagaimana tingkat keberhasilan yang dicapai serta menguraikan tentang faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman pendidikan karakter tersebut. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diarahkan kepada lapangan (field research).
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:15
Last Modified: 15 Oct 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum