ANALISIS SIKAP TUBUH PUSTAKAWAN PADA SAAT BEKERJA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Kajian Ergonomi)

SeptySetiarini, 10140035 (2015) ANALISIS SIKAP TUBUH PUSTAKAWAN PADA SAAT BEKERJA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Kajian Ergonomi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SIKAP TUBUH PUSTAKAWAN PADA SAAT BEKERJA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Kajian Ergonomi))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SIKAP TUBUH PUSTAKAWAN PADA SAAT BEKERJA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Kajian Ergonomi))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui sikap tubuh pustakawan pada saat melakukan aktivitas kerja di Perpstakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan untuk mengetahui perbedaan hasil pengukuran dengan standar yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjumlah 22 orang. Variable dalam penelitian ini bersifat tunggal yaitu sikap tubuh pustakawan pada saat bekerja di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya dengan metode observasi, dokumentasi, dan pengukuran. Analisis data menggunakan rumus prosentase. Pengukuran sikap tubuh pustakawan berdasarkan prosentase antropometri yang hasilnya ditafsirkan menjadi, tidak ada, sebagian kecil, hampir setengahnya, setengahnya, sebagian besar, hampir seluruh, dan seluruhnya. Data diolah dengan alat bantu meteran, penggaris, dan busur derajat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil prosentase meja dan kursi adalah 100% sesuai dengan standar. Sudut kaki sebagian kecil yang sesuai standar yaitu 18,18%, sudut siku sebagian kecil yang sesuai yaitu didapat 9,09%, sudut penglihatan monitor hampir seluruhnya sesuai standar yaitu 86,37%, sudut permukaan monitor hampir setengahnya sesuai yaitu 27,28%, dan sudut sandaran vertikal hampir seluruhnya sesuai standar yaitu didapat 86,37%. Saran dalam penelitian yaitu perlunya diberikan petunjuk kepada pustakawan bagaimana seharusnya menggunakan stasiun kerja berdasarkan antropometri yang benar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Tri Septiyantono, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Sikap Tubuh.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:16
Last Modified: 22 Oct 2015 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum