PEMANFAATAN KOLEKSI SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA BERDASARKAN KAJIAN SIRKULASI (Januari 2014 – Februari 2015) DAN PERSEPSI PEMUSTAKA

LILIK FAIZATUL MU'AROFAH, NIM 11140099 (2015) PEMANFAATAN KOLEKSI SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA BERDASARKAN KAJIAN SIRKULASI (Januari 2014 – Februari 2015) DAN PERSEPSI PEMUSTAKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN KOLEKSI SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA BERDASARKAN KAJIAN SIRKULASI (Januari 2014 – Februari 2015) DAN PERSEPSI PEMUSTAKA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN KOLEKSI SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA BERDASARKAN KAJIAN SIRKULASI (Januari 2014 – Februari 2015) DAN PERSEPSI PEMUSTAKA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan koleksi sirkulasi di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Yogayakata berdasarkan kajian sirkulasi dan persepsi pemustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, kuesioner, wawancara dan observasi. Sumber data utama diperoleh dari koleksi sirkulasi dan pemustaka. Analisis data untuk sumber koleksi menggunakan rumus persentase, sedangkan untuk persepsi pemustaka menggunakan mean dan grand mean. Jumlah sampel untuk koleksi sirkulasi sebesar 649 eksemplar, sedangkan persepsi sebesar 90 responden. Berdasarkan kajian sirkulasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi sirkulasi termasuk dalam interval 0,01% < 2,057% < 24,99%. Hasil perhitungan nilai persentase 2,057% ini memiliki arti sebagian kecil koleksi dimanfaatkan untuk dipinjam. Adapun koleksi sirkulasi yang memiliki nilai persentase tertinggi adalah kelas 800 (kesusastraan) dengan nilai persentase 4,5% dan koleksi sirkulasi yang memiliki nilai persentase terendah adalah kelas 600 (ilmu terapan) dengan nilai persentase 0,52%. Berdasarkan persepsi pemustaka, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaaatan koleksi sirkulasi tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 2,54. Adapun uraian dari masing-masing sub variabel yaitu, indikator faktor internal pemanfaatan dengan nilai rata-rata 2,64 termasuk dalam kategori tinggi. Indikator cara pemanfaatan dengan nilai rata-rata 2,5 termasuk dalam kategori rendah. Indikator faktor eksternal pemanfaatan dengan nilai rata-rata 2,5 termasuk dalam kategori rendah. Indikator tersebut yaitu tentang ketersediaan fasilitas temu kembali informasi. Hal ini dekarenakan penyediaan fasilitas temu kembali informasi di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta kurang maksimal, sehingga koleksi sirkulasi yang tersedia tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya pengoptimalan dalam penyediaan fasilitas temu kembali informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan koleksi sirkulasi, perpustakaan sekolah
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2015 07:49
Last Modified: 23 Oct 2015 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum