KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RUBRIK FASHION PADA MAJALAH HIJABELLA EDISI JANUARI 2015

FITRIANA MAUNAH, NIM. 11210022 (2015) KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RUBRIK FASHION PADA MAJALAH HIJABELLA EDISI JANUARI 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RUBRIK FASHION PADA MAJALAH HIJABELLA EDISI JANUARI 2015)
11210022_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RUBRIK FASHION PADA MAJALAH HIJABELLA EDISI JANUARI 2015)
11210022_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fitriana Maunah, 11210022.2015. Konsep Desain Komunikasi Visual Rubrik Fashion pada Majalah Hijabella Edisi Januari 2015. Skripsi: Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pesatnya perkembangan teknologi di era modern ini mengharuskan media cetak khususnya majalah untuk membuat desain majalah yang menarik. Karena dengan adanya desain yang menarik diharapkan dapat menyebarkan informasi secara efektif dan efisien. Seperti halnya majalah Hijabella, majalah ini banyak membahas tentang trend fashion hijab modern yang menerapkan konsep desain komunikasi visual untuk membuat tampilan desain agar menarik, komunikatif dan efisien untuk dibaca. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian konsep desain komunikasi visual majalah Hijabella dengan menekankan unsur-unsur desain antara lain warna, ilustrasi dan tipografi dilihat dari dua prinsip desain komunikasi visual yaitu penekanan atau dominasi dan kesatuan (unity). Obyek penelitian ini adalah majalah Hijabella dengan rumusan masalah bagaimana konsep desain komunikasi visual pada majalah Hijabella dalam penggunaan unsur-unsur desain dalam rubrik fashion. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep desain komunikasi visual rubrik fashion pada majalah Hijabella edisi Januari 2015 dengan menggunakan analisis model Milles & Hubermen. Penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Yakni mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan fashion pada majalah Hijabella yang selanjutnya dianalisis dengan tiga tahapan analisis model Milles & Hubermen, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah konsep desain komunikasi visual yang digunakan majalah Hijabella pada rubrik fashion menggunakan prinsip penekanan atau dominasi dan kesatuan yang diterapkan pada unsur-unsur desain yang terkandung, yaitu warna, ilustrasi dan tipografi. Prinsip penekanan terjadi pada unsur warna dan ilustrasi. Bahwa Warna yang digunakan pada layout maupun pakaian yang dikenakan oleh para model adalah warna yang sesuai dengan tema yang diusung. Sedangkan pada unsur ilustrasi pada layout menggunakan model wanita muslimah berhijab. Hal ini adalah cara majalah Hijabella dalam menyampaikan dakwah melalui unsur desain komunikasi visual yaitu ilustrasi. Kemudian melalui prinsip kesatuan pesan dakwah yang disampaikan majalah Hijabella disusun secara kreatif dan inovatif dengan mengkolaborasikan antara warna, ilustrasi dan tipografi sehingga pembaca lebih merasa tertarik dan tidak mudah bosan. Pada rubrik fashion majalah Hijabella ingin menyampaikan pesan kepada para pembaca tentang cara berpakaian menggunakan hijab yang modern namun tetap sesuai dengan syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.H.M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konsep Desain Komunikasi Visual, Majalah Hijabella Edisi Januari 2015, Unsur-unsur desain komunikasi visual. Hijab modern.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 11:44
Last Modified: 19 Oct 2015 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum