EFEKTIVITAS MODEL JOYFUL LEARNING PADA JAM AKHIR PELAJARAN TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015

INDAH RAHMATIKA SARI, NIM. 11670029 (2015) EFEKTIVITAS MODEL JOYFUL LEARNING PADA JAM AKHIR PELAJARAN TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL JOYFUL LEARNING PADA JAM AKHIR PELAJARAN TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL JOYFUL LEARNING PADA JAM AKHIR PELAJARAN TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) pengaruh penggunaan model joyful learning terhadap minat dan keaktifan peserta didik di jam akhir pelajaran (2) efektivitas model joyful learning terhadap peningkatan minat dan keaktifan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan peserta didik XI IPA 2 yang ditentukan melalui cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari model joyful learning sebagai variabel bebas, minat dan keaktifan peserta didik sebagai variabel terikat. Teknik dan Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket skala Likert dan lembar observasi. Prasyarat analisis data terdiri dari normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, sedangkan teknik analisis data terdiri dari uji t satu pihak atau uji Mann-Whitney. Besarnya efektivitas model joyful learning terhadap peningkatan minat dan keaktifan peserta didik diukur berdasarkan nilai effect size yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model joyful learning di jam akhir pelajaran tidak berpengaruh terhadap minat tetapi berpengaruh terhadap keaktifan peserta didik di jam akhir pelajaran. (2) model joyful learning cukup efektif tehadap peningkatan minat peserta didik dengan nilai effect size sebesar 0,25 dan cukup efektif terhadap peningkatan keaktifan peserta didik dengan nilai effect size sebesar 0,7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model joyful learning, effect size, minat, keaktifan, jam akhir pelajaran.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:01
Last Modified: 20 Oct 2015 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum