PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 PEDAN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

INA SILVIA, NIM. 11670038 (2015) PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 PEDAN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 PEDAN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.PDF

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 PEDAN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perpaduan model pembelajaran Question Student Have (QSH) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Pedan Klaten pada tahun ajaran 2014/2015 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 3 Pedan yang berjumlah 66 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar skala kemampuan berkomunikasi, lembar soal pilihan ganda, lembar observasi kemampuan berkomunikasi, dan lembar keterlaksanaan RPP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan perpaduan model pembelajaran Question Student Have dan Numbered Heads Together memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi. Hal ini berdasarkan analisis dari signifikansi dari uji ANOVA hasil belajar dan kemampuan berkomunikasi. Berdasarkan uji t dan uji ANOVA diperoleh signifikansi hasil belajar sebesar 0,018 dan 0,009 ( , maka Ho ditolak, yaitu ada pengaruh yang signifikan dari perpaduan model pembelajaran Question Student Have dan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar. Adapun hasil uji t dan uji ANOVA kemampuan berkomunikasi sebesar 0,117 ( , maka Ho diterima, yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan dari perpaduan model pembelajaran Question Student Have dan Numbered Heads Together terhadap kemampuan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: quasi eksperimen, perpaduan model pembelajaran QSH dan NHT, hasil belajar, kemampuan berkomunikasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:07
Last Modified: 20 Oct 2015 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum