PERANCANGAN KEMASAN KRIPIK TEMPE MOCAF DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS PADA IKM SUKA NICKY BANJARNEGARA)

SEPTIAN INDRA NUGRAHA, NIM. 08660008 (2015) PERANCANGAN KEMASAN KRIPIK TEMPE MOCAF DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS PADA IKM SUKA NICKY BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANCANGAN KEMASAN KRIPIK TEMPE MOCAF DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS PADA IKM SUKA NICKY BANJARNEGARA))
08660008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANCANGAN KEMASAN KRIPIK TEMPE MOCAF DENGAN MENGGUNAKAN KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS PADA IKM SUKA NICKY BANJARNEGARA))
08660008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan maraknya usaha home-industry dan permintaan konsumen akan makanan ringan yang terus meningkat, munculah persaingan ketat dalam bisnis makanan ini. Tidak hanya kualitas produk saja yang berpengaruh besar dalam penjualan. Kemasan juga mempunyai peran yang sangat penting dalam pemasaran sebuah produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengembangkan desain dengan menentukan nilai-nilai kategori untuk mendapatkan output pengembangan dalam desain kemasan keripik tempe mocaf. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering. Kansei Engineering merupakan sebuah metode sebagai jembatan atas keinginan konsumen terhadap desain produk yang diinginkan, dengan cara mendefinisikan keinginan konsumen (citra image) yang teridentifikasi melalui kata-kata kansei ke dalam desain produk. Kemudian analisa Conjoint digunakan untuk mendapatkan nilai hubungan antara elemen desain dan Kansei Word. Hasil dari penelitian ini adalah dari perhitungan semanticdifferential I didapatkan 12 pasang Kansei Word yang mewakili kata-kata yang tepat dengan mempertimbangkan produk yang ditawarkan. Hasil analisa Conjoint berdasarkan kategori yang berhubungan erat dengan masing-masing Kansei Word adalah konsep desain yaitu bahan kertas laminasi, tampilan desain kompleks, bentuk segitiga, warna gradasi orange kuning, dengan ukuran kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kifayah Amar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering, Kansei Word, Citra Image, Elemen Desain
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Oct 2015 08:09
Last Modified: 22 Oct 2015 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum