HUBUNGAN AKTIVITAS MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SEKOLAH DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA KELAS II DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGY AKARTA

SITI NUR WAHYU ERY CAHYANI, Nim 0241 1158 (2007) HUBUNGAN AKTIVITAS MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SEKOLAH DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA KELAS II DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGY AKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN AKTIVITAS MENGIKUTI KEG IAT AN KEAGAMAAN DI SEKOLAH DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA KELAS II DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGY AKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN AKTIVITAS MENGIKUTI KEG IAT AN KEAGAMAAN DI SEKOLAH DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SISWA KELAS II DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGY AKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

SITI NUR WAHYU ERY CAHYANI. Hubungan Aktivitas Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Sekolah Dengan Tingkat Religiusitas Siswa Kelas II di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarla. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan aktifitas rnengikuti kegiatan keagamaan di sekolah terhadap tingkat religiusitas siswa kelas II di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kclas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 420 siswa. Pengambilan sam pel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sarnpel adalah 10 % dari populasi berdasarkan ketentuan dari Suharsimi Arikunto sehingga jumlah sampelnya sebanyak 42 siswa. Pengurnpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, metode interview dan metode dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil validitas menunjukkan dari 50 butir angket terbukti valid, sedang basil analisis reliabilitas kedua variabel menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,9519 dan 0,9589 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis dcskriptif dan analisis korelasi dengan menggunakan korclasi product momentdengan bantuan program SP3S versi 11. Hasil pcnclitian menunjukkan : 1) Aktivitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada pada kategori sedang. Tingkat religiusitas siswa kelas II SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta berada pada kategori sedang.2) Ada hubungan yang positif yang signiftkan antara aktifitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah terhadap tingkat religiusitas siswa kelas II di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,575 sedangkan r table pada taraf signifikan I% adalah 0,393 dan pada taraf signifikan 5% adalah 0,304. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh bernilai positif berarti semakin tinggi aktivitas mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah akan semakin tinggi pula tingkat religiusitas siswa kelas II di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra,Hj, Susilaningsih,MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 14:36
Last Modified: 16 Nov 2015 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum