IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I DAN IV DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA

WIDODO, SPDI, NIM. 1320410081 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I DAN IV DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I DAN IV DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1320410081_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I DAN IV DI MIN YOGYAKARTA II DAN MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1320410081_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Widodo.Implementasi Pembelajaran Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas I dan Kelas IV di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) bagaimana konsep pendekatan dalam pembelajaran bahasa Arab (2) perencenaan pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintfik di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta, (3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintifik di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy, (4) perbedaan dan persamaan pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintifik di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data dikumpulan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klarifikasi dan penyajian data, dan penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas I dan IV di MIN Yogyaarta II dan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab telah sesuai dengan tiga kriteria umum pendekatan ilmiah yang rasional, empirik, dan sistematik. (2) perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini mengkomparasikan dalam hal implementasi Saintifik dalam pembelajaran Bahasa Arab di kedua sekolah tersebut. Berdasararkan pendekatan saintifik Kurikulum 2013, menunjukkan bahwa kegiatan pendekatan saintifik direncanakan pada komponen langkah-langkah pembelajaran, (3) proses pembelajaran yang berlangsung di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta menunjukkan bahwa langkahlangkah kegiatan dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomonikasikan terlaksana dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi inti yang diharapkan, (4) perencanaan pembelajaran di MIN Yogyakarta II dan MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta secara keseluruhan sama, dalam proses pembelajaran yang sama yaitu cooperative learning, metode dominan yang sama-sama digunakan adalah diskusi. Kendala yang sama-sama dihadapi adalah kekurangan alokasi waktu dan buku pegangan siswa. Perbedaan yang ada antara keduannya adalah pada penilaian, MIN Yogyakarta II menggunakan penilain otentik, sedangkan MI Ma’had Islamy menggunakan KTSP 2006.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Radjasa Mu’tasyim,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jan 2016 10:20
Last Modified: 05 Jan 2016 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum