PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SDN II KEPYAR PURWANTORO WONOGIRI (Kajian Strategi Pembelajaran)

NUR ISNAWATI, NIM.03410016 (2007) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SDN II KEPYAR PURWANTORO WONOGIRI (Kajian Strategi Pembelajaran). Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SDN II KEPYAR PURWANTORO WONOGIRI (Kajian Strategi Pembelajaran))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR'AN DI SDN II KEPYAR PURWANTORO WONOGIRI (Kajian Strategi Pembelajaran))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an, peningkatan kemampuan serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an di SON JI Kepyar serta cara mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar SDN II Kepyar, Purwantoro Wonogiri yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis al-Qur' an, peningkatan kemampuan dilihat dari strategi pembelajaran, faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusinya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menp;p;11nakan metode diskriptik analitik yaitu dari hasil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya diam1lisis menggunakan analisis kualitatif dengan mcnggunakan cara berfikir induktif. Ha<;il penelitian mt>:ntmjukan I) tujuan yang alcon dicnpni dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan individual. Adapun metode yang digunakan mencakup metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan, metode privat dan metode penugasan. Sedangkan media yang digunakan adalah pemanfaatan kartu huruf hijaiyah. Adapun pelaksanaan evaluasi meliputi evaluasi bentuk tes yaitu tes tulis dan tes lisan. 2) Kendala-kendala dalam pembelajaran membaca dan menulis al-Qur'an ialah kurangnya tenaga pengajar, faktor waktu, hambatan dari orang tua serta hambatan dari lingkungan. Adapun usaha untuk mengatasinya adalah dengan menambah tenaga pengajar, dan menambah waktu pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Jan 2016 14:20
Last Modified: 20 Jan 2016 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum