HUBUNGAN PERHATIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGENTAN BANJARNEGARA)

NUR FAJRI KURNIATI, NIM. 11411003 (2015) HUBUNGAN PERHATIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGENTAN BANJARNEGARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERHATIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGENTAN BANJARNEGARA))
11411003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERHATIAN GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGENTAN BANJARNEGARA))
11411003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

NUR FAJRI KURNIATI. Hubungan Perhatian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP N 1 Pagentan Banajarnegara). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Aagama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang masalah ini adalah bahwa idealnya jika perhatian guru tinggi maka motivasi belajar siswa ikut tinggi sebaliknya apabila perhatian guru rendah maka motivasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang Hubungan Perhatian Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP N 1 Pagentan Banjarnegara) Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Pagentan Banjarnegara sebanyak 170 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uju validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas variabel perhatian guru menunjukkan dari 30 butir item terdapat 22 item yang valid dan hasil analisis validitas variabel motivasi belajar menunjukkan dari 30 butir item terdapat 24 item yang valid. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa dari kedua variabel tersebut dinyatakan reliabel. Uji prasyarat analisi yakni uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pada perhatian guru Pendidikan Agama Islam termasuk pada kategori sedang dengan persentase sebesar 35,9% (2) pada motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 45,9% (3) korelasi sederhana antara perhatian guru dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai rxy sebesar 0,385 sehingga dikatakan ada hubungan sangat signifikan antara perhatian guru dengan motivasi belajar siswa. Adapun besarnya hubungan antara perhatian guru dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai r2 sebesar 14,82% . perhitungan tersebut mengandung pengertian bahwa perhatian guru memberikan kontribusi 14,82% terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagentan Banjarnegara, sedangkan 85,18% ditentukan oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami S. Psi.,MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:42
Last Modified: 01 Feb 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum