PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

AKHMAD NUR HARDIANSYAH, NIM. 11390031 (2015) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING)
11390031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING)
11390031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Praktik kegiatan CSR bagi sebuah perusahaan bukan lagi menjadi sesuatu hal baru. Banyak perusahaan saling berlomba untuk mengadakan kegiatan CSR tersebut. Melalui kegitan CSR ini, perusahaan diharapkan dapat membina hubungan baik dengan para stakeholder. Pemerintah melalui UU No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas juga mewajibkan perusahaan untuk selalu menjaga hubungan dengan lingkungan dan alam. Meskpun perlu mengalokasikan dana perusahaan untuk alokasi kegiatan CSR, tidak sedikit perusahaan yang semakin besar karena aktivitas CSR. Penelitian ini bertujuan meniliti hubungan antara praktik program CSR yang dilaksanakan sebuah perusahaan dengan tingkat ROA yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan data time series tahunan antara tahun 2010 sampai 2013. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index. Melalui metode purposive sampling diambil 23 perusahaan dari total 30 perusahaan yang ada dalam JII sebagai sampel penelitian. Proses pengujian data menggunakan statistik deskriptif, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis yang sebelumnya harus melalui uji asumsi klasik. Hasil pengujian yang telah dilakukan adalah secara simultan variabel CSR maupun variabel moderating yakni ukuran perusahaan dapat mempengaruhi variabel ROA. Sedangkan pengujian secara parsial menghasilkan bahwa hanya variabel CSR saja yang berpengaruh signifikan terhadap ROA. Variabel ukuran perusahaan ketika diuji menggunakan uji interaksi didapatkan hasil tidak berpengaruh signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi hubungan antara CSR dengan ROA, apabila variabel tersebut dimasukkan kedalam model regresi justru akan melemahkan hubungan antara variabel CSR dan ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.Si. CA
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (ROA), Ukuran perusahaan, Return On Asset (ROA), Jakarta Islamic Index.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:38
Last Modified: 03 Feb 2016 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum