PENERAPAN ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB PUTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

HAYYU PUTRIANTI, NIM. 11420064 (2015) PENERAPAN ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB PUTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB PUTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
11420064_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ECLECTIC METHOD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB PUTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
11420064_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab serta proses pembelajaran bahasa Arab dengan eclectic method di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan untuk mengetahui hasilnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dikemukakan bahwa penerapan eclectic method dalam pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu dalam rangka mewujudkan 4 keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis sangat efektif. Hal tersebut terbukti dari para mahasiswi yang menempuh kuliah dari level persiapan sampai dengan level 4, dapat menyelesaikan kuliahnya dengan memenuhi kualifikasi standar kelulusan dengan lancar. Di samping itu, para lulusannya dengan bekal kelancaran berbahasa Arab, telah siap apabila ingin terjun menjadi Da’i profesional dan penyuluh agama di tengah masyarakat, ataupun untuk melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi baik di perguruan tinggi muhammadiyah, ataupun di Universitas Timur Tengah atau LIPIA Jakarta, serta dapat pula menjadi tenaga pengajar bahasa Arab dan ilmu keislaman di pondok pesantren atau sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Eclectic Method, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2016 14:18
Last Modified: 09 Feb 2016 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum