KORELASI PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 ROUDLOTUL MUBTADIIEN MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015

MUHAMMAD NASIR PAMBUDI, NIM. 11420090 (2015) KORELASI PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 ROUDLOTUL MUBTADIIEN MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 ROUDLOTUL MUBTADIIEN MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420090_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF NU 01 ROUDLOTUL MUBTADIIEN MUNGKID MAGELANG TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420090_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat dengan prestasi belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Mubtadiien Mungkid Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis korelasi product moment yang kemudian diintepretasikan dan diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa termasuk dalam kategori cukup atau sedang, yaitu sebesar 49,6. Sedangkan nilai hasil belajar bahasa Arab siswa termasuk dalam kategori cukup atau sedang yaitu sebesar 73,54. Kemudian dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara penguasaan mufrodat dengan hasil atau prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 01. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,399. Sehingga hubungan ini termasuk dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa dalam pencapaian prestasi belajar siswa, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya penguasaan mufrodat. Semakin banyak mufrodat yang dikuasai, maka akan semakin baik pula hasil belajar yang didapatkan. Meskipun demikian, penguasaan mufrodat bukan menjadi faktor penentu dalam prestasi belajar, akan tetapi ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Jafar Shodiq, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Penguasaan Mufrodat, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2016 15:22
Last Modified: 09 Feb 2016 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum