PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA

RIZA ZULIFTA ARDANI, NIM. 11420116 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA)
11420116_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION) DAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB DI MTSN SLEMAN KOTA)
11420116_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan suatu kebutuhan yang harus kita kenalkan kepada peserta didik sejak dini, karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi di dunia internasional, bahasa Arab juga digunakan sebagai alat untuk memahami khasanah keislaman. Akan tetapi masih banyak peserta didik yang kurang tertarik mempelajarai bahasa Arab sehingga guru kesulitan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, eksperimentasi ini adalah salah satu solusi yang ditawarkan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar bahasa Arab peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode CIRC dan Reward dan kelas kontrol yang menggunakan metode dasar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Sleman Kota, sehingga jumlah sampel sebanyak 33 orang untuk kelas eksperimen dan 33 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitin menunjukkan bahawa uji T pos test antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai thitung> ttabel (diterima) atau 11,314 > 1,660 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T peningkatan nilai pre test dan post test kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung > ttabel (diterima), sehingga diperoleh 9,797 > 1,660 pada taraf signifikansi 5%. Yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil peningkatan belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dan Reward pada pembelajaran bahasa Arab (Al-Qiro’ah) di kelas VIII MTs Negeri Sleman Kota tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Asrori saud, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Membaca, CIRC, Reward
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Feb 2016 13:25
Last Modified: 10 Feb 2016 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum