MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM “Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh ”

Prastowo, Andi (2016) MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM “Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh ”. In: Diskusi Ilmiah Dosen Tetap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1 Juni 2012, Yogyakarta.

[img] Slideshow (MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL)
MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL.ppsx - Presentation

Download (614kB)

Abstract

Makalah ini ditujukan untuk menggagas konsep dasar kepemimpinan transformatif yang selaras dengan karaterisik pendidikan Islam dan dengan perkembangan dunia global sekaligus melihat implikasinya pada ranah praksis. Dalam al-Qur’an telah dikenal konsep kepemimpinan, yaitu khalifah fil ardh. Dan, berdasarkan hasil kajian terhadap konsep tersebut menggunakan metode penelitian kepustakaan (literer) dan teknik analisis hermeneutik post-strukturalisme maka diperoleh temuan, yaitu: pertama, konsep kepemimpinan dalam Islam, yang lazim dikenal, dengan istilah “khalifah fil-ardh” sesungguhnya bukan sekedar menunjukkan kepemimpinan transformatif tetapi kepemimpinan transformatif-spiritual; kedua, model kepemimpinan transformatif-spiritual adalah konsep kepemimpinan yang berangkat dari pemaknaan kreatif terhadap perspektif konsep khalifah fil ardh, yang memadukan nilai-nilai kepemimpinan transformatif sekuler dengan nilai-nilai transenden yang melekat dan menjadi value serta worldview kepemimpinan tersebut; dan ketiga, implikasi model tersebut dalam kepemimpinan pendidikan Islam berupa kepemimpinan yang mampu menjadi role model, motivator, negosiator, dan generator dinamika perkembangan sekolah/madrasah sekaligus kreatif, inovatif, dan spiritual. Keywords: kepemimpinan transformatif-spiritual, khalifah fil-ardh, pendidikan Islam

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformatif-spiritual, khalifah fil-ardh, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Paper
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2016 10:07
Last Modified: 18 Feb 2016 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum