KITAB DURUS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI IMAM ZARKASHI WA IMAM SHIBA'I (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MAWAD WA AL TAQDIM)

NITA DWI PUJI MAGFUROH, NIM. 11421001 (2015) KITAB DURUS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI IMAM ZARKASHI WA IMAM SHIBA'I (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MAWAD WA AL TAQDIM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KITAB DURUS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI IMAM ZARKASHI WA IMAM SHIBA'I (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MAWAD WA AL TAQDIM))
11421001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KITAB DURUS AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI IMAM ZARKASHI WA IMAM SHIBA'I (DIRASAH TAHLILIYYAH MIN HAYTHU AL MAWAD WA AL TAQDIM))
11421001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas buku Durusul Lughah Al-‘Arabiyyah karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubani dari segi materi maupun penyajiannya. Dengan penelitian ini diharapkan bagi semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab mampu menulis dan memilih buku teks pelajaran bahasa Arab yang berkualitas untuk pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian library research atau kepustakaan dimana peneliti mengumpulkan data-data yang bersumber dari buku, jurnal, kitab, artikel, dan tulisan-tulisan tertentu dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) dalam menganalisis data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa materi di dalam buku Durusul Lughah Al-‘Arabiyyah karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubani baik dan sesuai dengan standar buku, terdiri dari 52 bab yang mencakup tentang kegiatan sehari-hari beserta contoh gambar, kosa kata, kaidah-kaidah kebahasaan dan soal-soal sehingga memudahkan para pembelajar khususnya pemula dalam mempelajari, memahami dan mempraktikkan bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari. Penyajian buku Durusul Lughah Al-‘Arabiyyah baik dan sesuai dengan standar buku terlihat dari penyajian materi. Dan kekurangan dari buku Durusul Lughah Al-‘Arabiyyah karya Imam Zarkasyi dan Imam Syubani yaitu dari segi kurangnya penyajian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi dasar (KD), gambar, kata mutiara daftar isi, dan daftar pustaka. Namun pada dasarnya buku ini telah memenuhi kriteria terlihat dari keberhasilan penggunaan buku ini dalam pembelajaran bahasa Arab di pesantren-pesantren dan sekolah-sekolah agama. Kata kunci : Analisis, Buku Ajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Ajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 10:22
Last Modified: 22 Feb 2016 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum