PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL

SOCHIBUR ROHMAN, NIM: 10480029 (2015) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN JEJERAN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013 (K13). Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar penilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan peserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses pembelajaran bukan hanya hasil. Penilaian ini juga menitikberatkan pada tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Berbeda dengan penilaian sebelumnya yang hanya menitikberatkan pada aspek pengetahuan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajran tematik kelas IV di MIN Jejeran Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Jejeran Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, serta bahan-bahan lain. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik yaitu dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Bentuk teknik dan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran tematik di MIN Jejeran Bantul yaitu (a) aspek pengetahuan meliputi teknik: tes lisan, tes tertulis dan penugasan, sedangkan instrumennya berupa isian singkat dan uraian. (b) aspek keterampilan meliputi teknik: tes praktik dan unjuk kerja (performance). (c) aspek sikap meliputi teknik: observasi, penilaian diri, penilaian antar siswa dan jurnal. (2) Faktor pendukung penilaian autentik ini adalah adanya buku panduan guru, adanya sosialisasi dari pemerintah, dan adanya kerja sama yang baik antar guru dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya adalah terlalu banyak ranah yang dinilai, sulit didapat dan terlambatnya buku tematik, sertaadanyakesulitantersendiri yang dialami oleh guru saat memilah dan mengelompokkan soals esuai dengan KD. Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, InstrumenPenilaian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, InstrumenPenilaian
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 10:29
Last Modified: 22 Feb 2016 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum