STUDI KOMPARASI KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 DI MTSN GUBUKRUBUH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (ANALISIS PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA

SYARIF AHMAD ZAKY ALJUFRI, NIM. 10420081 (2015) STUDI KOMPARASI KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 DI MTSN GUBUKRUBUH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (ANALISIS PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 DI MTSN GUBUKRUBUH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (ANALISIS PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA)
10420081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KTSP DENGAN KURIKULUM 2013 DI MTSN GUBUKRUBUH PLAYEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA (ANALISIS PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA)
10420081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Syarif Ahmad Zaky Aljufri. Studi Komparasi KTSP Dengan Kurikulum 2013 di MTsN Gubukrubuh Playen Gunungkidul Yogyakarta (Analisis Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa yang menggunakan KTSP dengan siswa yang menggukanan kurikulum 2013 baik dari segi kecerdasan, sikap dan keterampilan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX MTsN Gubukrubuh tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 127 dan 125 orang. Sampel penelitian ini diambil sekitar 30% dari kelas VIII dan 30% dari kelas IX sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 orang siswa tiap kelasnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling (sampel acak). Pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam belajar bahasa Arab yang berupa kecerdasan maka dilakukan tes yang diuji normalitas dan homogenitasnya terlebih dahulu, sedangkan untuk mengetahui prestasi siswa yang berupa sikap dan keterampilan maka peneliti menggunakan angket yang juga diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif berupa Independen T Test atau Uji T yang digunakan untuk menganalisis ada tidaknya perbandingan pada prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab dari segi kecerdasan siswa yang menggunakan KTSP dengan siswa yang menggunakan kurikulum 2013 terbukti dengan hasil perhitungan Uji T, nilai signifikansi sebesar nilai 0,004 dimana ini lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian pada prestasi belajar yang berupa sikap, hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan kurikulum 2013 dengan siswa yang menggunakan KTSP. Dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,335 dimana ini lebih dari 0,05. Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Pada prestasi belajar yang berupa keterampilan pun tidak terdapat perbedaan yang signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,423 dimana ini lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Kata-kata kunci : Komparasi, Prestasi, Bahasa Arab, Kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Radjasa, M. Si
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Prestasi, Bahasa Arab, Kurikulum.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Mar 2016 15:34
Last Modified: 03 Mar 2016 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum