ANALISIS ISI MATERI BUKU TEKS AKU CINTA BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I KARYA SUNARYO PUTRO TERBITAN TIGA SERANGKAI

ANAMULHASAN IBNU MAS’AD, NIM. 10421008 (2016) ANALISIS ISI MATERI BUKU TEKS AKU CINTA BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I KARYA SUNARYO PUTRO TERBITAN TIGA SERANGKAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS ISI MATERI BUKU TEKS AKU CINTA BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I KARYA SUNARYO PUTRO TERBITAN TIGA SERANGKAI)
10421008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS ISI MATERI BUKU TEKS AKU CINTA BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS I KARYA SUNARYO PUTRO TERBITAN TIGA SERANGKAI)
10421008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anamulhasan Ibnu Mas’ad. Analisis Isi Materi Buku Teks Aku Cinta Bahasa Arab Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I Karya Sunaryo Putro Terbitan Tiga Serangkai.Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas buku teks bahasa Arab sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Arab, yang ditinjau dari beberapa teori penyusunan buku ajar serta dari sisi seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis isi (content analysis) untuk menganalisa data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa buku teks tersebut telah memenuhi kriteria buku teks yang baik dari segi materi, yaitu telah sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi : keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Meskipun terdapat kekurangan pada pendukung materi dikarenakan tidak adanya sajian materi yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan materi yang tidak memenuhi syarat kemutakhiran. Sedangkan berdasarkan tiga asas penyusunan buku ajar bahasa Arab untuk non-Arab menurut Abdullah al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah, buku ini sudah memenuhi kriteria sebagai buku pelajaran bahasa Arab bagi non-Arab. Buku tersebut telah memenuhi seleksi yang baik, karena dalam penyusunan materinya yang sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran dan lama suatu program pembelajaran bahasa. Gradasi yang baik, materi disajikan dari kaidah yang sederhana ke kaidah yang sulit. Presentasi yang baik dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, materi disajikan menggunakan media pendukung seperti tabel, gambar, dan warna yang menarik yang dapat membantu pemahaman peserta didik. Repetisi yang baik, dengan adanya latihan yang produktif yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Kata Kunci : Analisis, Buku Teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Teks.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2016 10:53
Last Modified: 04 Mar 2016 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum