PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2014

ANISATUL FARIDA, NIM. 11390026 (2016) PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2014)
11390026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2014)
11390026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menyeimbangkan kepentingan di dalam perusahaan. Kepentingan di dalam perusahaan melalui struktur corporate governance dan intellectual capital. Dengan struktur corporate governance yang baik akan mampu mengendalikan masalah keagenan yang sering muncul dalam suatu perusahaan. Sementara, dengan intellectual capital mampu mengendalikan sumber daya organisasi dan memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kaitannya dengan struktur corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit dan intellectual capital yang diproksikan dengan value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), value added structural capital (STVA) terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan Return on Equity (ROE). Penelitian ini menggunakan data time series tahunan antara tahun 2011 sampai 2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII), sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 13 perusahaan dari 30 perusahaan. Proses pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa struktur corporate governance yang diproksikan dengan variabel kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite audit berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan intellectual capital yang diproksikan dengan variabel value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), value added structural capital (STVA) tidak berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.Si. CA
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Structural Capital (STVA), Return on Equity (ROE)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Mar 2016 10:29
Last Modified: 07 Mar 2016 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum