STUDI KOMPARASI KEDISIPLINAN PENGAMALAN IBADAH SALAT WAJIB ANTARA SISWA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI KOS KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

CICI FITRIANA, NIM. 11410148 (2016) STUDI KOMPARASI KEDISIPLINAN PENGAMALAN IBADAH SALAT WAJIB ANTARA SISWA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI KOS KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KEDISIPLINAN PENGAMALAN IBADAH SALAT WAJIB ANTARA SISWA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI KOS KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
11410148_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KEDISIPLINAN PENGAMALAN IBADAH SALAT WAJIB ANTARA SISWA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI KOS KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
11410148_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)

Abstract

Cici Fitriana, Kedisiplinan Pengamalan Ibadah Salat Wajib Antara Siswa Yang Tinggal Bersama Keluarga Dengan Siswa Yang Tinggal di Kos di Kelas X SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya kedisiplinan pengamalan ibadah salat siswa. Pembentukan sikap disiplin yang tumbuh karena pengaruh pendidikan yang diperoleh dari keluarga, sekolah, masyarakat, pemerintah, dan media yang bekerjasama secara komprehensif mewujudkan citacita bersama. Siswa kelas X yang belajar di SMK Muhammadiyah Karangmojo tidak hanya berasal dari daerah sekitar saja, beberapa diantaranya ada yang berasal dari luar daerah Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kedisiplinan pengamalan ibadah salat wajib siswa yang tinggal bersama keluarga dengan tingkat kedisiplinan pengamalan ibadah salat wajib siswa yang tinggal di kos. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Muhammadiyah Karangmojo tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling purposive dan sampling kuota, sampel sebanyak 44 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 18 butir angket terdapat 3 butir angket yang tidak valid. Hasil reliabilitas sebesar 0, 701 > 0, 60. Sehingga instrumen penelitian dinyatakan reliabel dengan kriteria tinggi. Analisi data dengan menggunakan analisis komparasional dengan uji perbedaan Independent Sample t-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengamalan ibadah salat wajib pada siswa yang tinggal di rumah cukup disiplin. Diperoleh mean 48,6364, termasuk dalam kategori cukup disiplin. Diketahui frekuensi relatif, pada kategori sangat disiplin sebesar 14%, kategori disiplin sebesar 14%, kategori cukup disiplin sebesar 45%, kategori kurang disiplin sebesar 27%, dan kategori sangat kurang disiplin yaitu sebesar 0% atau tidak ada. Sedangkan jumlah prosentase terbanyak yaitu 45% berada dalam kategori cukup disiplin. 2) Pengamalan ibadah salat wajib siswa yang tinggal diluar rumah cukup disiplin. Nilai arithmatic mean sebesar 50,000. Termasuk dalam kategori cukup disiplin. Diketahui frekuensi relatif, kategori sangat disiplin 4,5%, kategori disiplin 32%, kategori cukup disiplin 36%, kategori kurang disiplin 23%, dan kategori sangat kurang disiplin 4,5%.Jumlah terbesar yaitu diperoleh pada kategori cukup disiplin yaitu sebesar 36%. 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan kedisiplinan pengamalan ibadah salat wajib antara siswa yang tinggal di rumah dengan siswa yang tinggal di luar rumah. Nilai t hitung 0,930 pada taraf signifikansi 0,358. Taraf signifikansi 0,358 > 0,05 maka H0 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:46
Last Modified: 11 Mar 2016 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19763

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum