PENGGUNAAN MEDIA AL-QUR’AN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN

IBNU ARIF WINARDI, NIM. 11410164 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AL-QUR’AN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA AL-QUR’AN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN)
11410164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA AL-QUR’AN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN)
11410164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)

Abstract

IBNU ARIF WINARDI. Penggunaan Media Al-Qur‟an Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman.. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah Al-Qur‟an adalah kitab yang menyempurnakan kitab-kitab lain, dan membacanya merupakan ibadah yang utama. Pentingnya membaca diulang dua kali dalam surah yang pertama kali turun, yaitu Al-„Alaq. Seiring dengan perkembangan zaman, Al-Qur‟an mengalami perkembangan yaitu tidak lagi hanya berupa buku tetapi sudah dalam bentuk digital yang dioperasikan melalui komputer yang biasa dikenal dengan Al-Qur‟an digital. Dalam proses pembelajaran tidak bisa terlepaskan dari media, untuk itu penulis ingin meneliti bagaimana penggunaan media Al-Qur‟an digital dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Al-Qur‟an digital dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam berpengaruh atau dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan media Al-Qur‟an digital dalam proses pembelajaran PAI yang diterapkan pada kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik berjalan lancar dan baik, serta dapat diterima oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dari: Siswa dapat menjelaskan proses pembelajaran menggunakan media Al-Qur‟an digital, Siswa dapat menjelaskan beberapa hal mengenai media Al-Qur‟an digital seperti pengertian, manfaat, serta fitur-fitur yang ada dalam media Al-Qur‟an digital tersebut, dan Guru dapat menyampaikan materi Al-Qur‟an dengan menggunakan media Al-Qur‟an digital dengan baik. (2) Media Al-Qur‟an digital dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas X SMA N 2 Ngaglik Sleman. Hal ini dapat dilihat dari: Media Al-Qur‟an digital membantu siswa belajar membaca Al-Qur‟an walaupun tidak dalam kelas karena tidak perlu pembimbing dalam menggunakannya, kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa meningkat setelah menggunakan media Al-Qur‟an digital yang awalnya 38,50% siswa yang berpredikat baik dalam membaca Al-Qur‟an menjadi 92,31% siswa dari 26 siswa yang mendapat predikat atau nilai yang baik, dan Siswa lebih jelas dalam menerima materi.(3) Terdapat beberapa problem dalam penggunaan media Al-Qur‟an digital antara lain: Siswa malas untuk membawa laptop ke sekolah karena berat, tidak bisa digunakan untuk siswa yang sama sekali belum bisa membaca Al-Qur‟an, software rusak, dan belum ada pengawasan dari orangtua di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Mar 2016 13:50
Last Modified: 11 Mar 2016 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum