BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KARYA MAMAN ABDUL DJALIEL (ANALISIS SEMIOTIK-ASPEK SEMIOTIKA VISUAL)

LULUK NUR AFIFAH, S TH I, NIM. 1120411027 (2016) BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KARYA MAMAN ABDUL DJALIEL (ANALISIS SEMIOTIK-ASPEK SEMIOTIKA VISUAL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KARYA MAMAN ABDUL DJALIEL (ANALISIS SEMIOTIK-ASPEK SEMIOTIKA VISUAL))
1120411027_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KARYA MAMAN ABDUL DJALIEL (ANALISIS SEMIOTIK-ASPEK SEMIOTIKA VISUAL))
1120411027_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah kelas IV karya Maman Abdul Djaliel ditinjau kesesuaian materi dengan ikonis/gambar dalam teori Semiotik- aspek Semiotika Visual, yang sangat penting manfaatnya untuk siswa pemula di sekolah dasar yang baru mengenal pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Unsur-unsur apa saja yang bisa ditangkap sebagai tanda dalam buku pelajaran bahasa Arab karya Maman Abdul Djaliel untuk Madrasah Ibtidaiyah/SDI kelas IV?, Apakah tanda-tanda dalam buku Bahasa Arab karya Maman Abdul Djaliel untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas IV sudah mempresentasikan materi secara komprehensif?, Apakah kelebihan dan kelemahan buku pelajaran bahasa Arab karya Maman Abdul Djalil untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas IV ditinjau dari teori Semiotik-aspek Semiotika Visual dan bagaimana alternatif pengembangannya? Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari penelitian ini diketahui unsur-unsur yang bisa ditangkap sebagai tanda dalam buku pelajaran bahasa Arab karya Maman Abdul Djaliel untuk Madrasah Ibtidaiyah/SDI kelas IV sebagai berikut: Semiotika nonverbal meliputi semua materi pembelajaran bahasa Arab dari memperkenalkan kosakata/mufradat dan teks pembelajaran bahasa Arab dari kompetensi yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (Istimā’), berbicara (Kalām), membaca (qirā’ah), dan menulis (kitābah) dari bab.1 sampai bab. 7 yaitu bab انتّعبرف، الأدواث ان دًرضيّت، ان هً تُ، انع ىُا ،ٌ تقديى الأضرة، انحيبة انعبئهيّت، يراجعت Semiotika komunikasi visual meliputi semua ikonis atau gambar yang terdapat pada tiap bab dari setiap kompetensi menyimak (Istimā’), berbicara (Kalām), membaca (qirā’ah), dan menulis (kitābah) dari bab.1 sampai bab. 7 yaitu bab انتّعبرف، الأدواث ان دًرضيّت، ان هً تُ، انع ىُا ،ٌ تقديى الأضرة، انحيبة انعبئهيّت، يراجعت tanda-tanda dalam buku Bahasa Arab karya Maman Abdul Djaliel untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas IV sudah mempresentasikan materi secara komprehensif, terbukti dari tujuh bab yang disajikan hanya ada 14 ikonis/gambar dari 153 ikonis/gambar yang belum mempresentasikan materi sesuai dengan maksud bacaan yang diharapkan. kelebihan dan kelemahan buku pelajaran bahasa Arab karya Maman Abdul Djalil untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas IV ditinjau dari Semiotik-aspek Visual sebagai berikut: Kelebihan: Penyajian materi sistematis, terstruktur, dari الإضت بًع انكلاو انقراءة انكتببت – – – Penulisan dengan model dan ukuran font sesuai dengan siswa kelas empat sekolah dasar yang pada tahap awal mempelajari bahasa Arab yakni tulisan sangat jelas dan mudah dibaca, Penyajian materi disertai gambar-gambar, sehingga siswa mudah memahami materi dengan baik, Materi yang disajikan tidak terlalu banyak sehingga siswa dapat menerima materi secara tadrījiyyan. Kelemahan: ada beberapa gambar yang tidak sesuai dengan teks bacaan, sehingga menimbulkan salah pemahaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc., M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:33
Last Modified: 18 Mar 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum