PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA

BAYU WIDYA HASTORO, NIM. 11140013 (2016) PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA)
11140013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI BUKU FIKSI TERHADAP MINAT KUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA)
11140013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ketersediaan koleksi fiksi di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping (2) mengetahui minat kunjung di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara ketersediaan koleksi buku fiksi terhadap minat kunjung siswa di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping (4) seberapa besar pengaruh ketersediaan koleksi buku fiksi terhadap minat kunjung siswa di Perpustakaan SMK Muhammadiyah GampingMetode pengumpulan data menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel ketersediaan koleksi fiksi (variabel independen) dan variabel minat kunjung (variabel dependen). Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara ketersediaan koleksi buku fiksi terhadap minat kunjung siswa di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping. Analisis dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan korelasi product moment kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana. Pengambilan sampel menggunakan accidental sample dengan jumlah 71 responden. Data diolah menggunakan program SPSS 22 for windows. Hasil analisis menunjukan ada pengaruh antara ketersediaan koleksi buku fiksi terhadap minat kunjung. Hal ini dilihat dari t hitung sebesar 0,644 yang lebih besar dari t tabel sebesar 0,227. Sehingga hipotesis yang mengatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara ketersediaan koleksi buku fiksi terhadap minat kunjung siswa di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping diterima. Besarnya pengaruh ketersediaan koleksi buku fiksi terhadap minat kunjung siswa di dapat melalui cara mengkuadratkan t tabel sehingga didapat nilai 0,415 yang berarti sebagai minat kunjung siswa dipengaruhi oleh ketersediaan koleksi fiksi sebesar 41,5% dan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain.Saran perlu menambah jumlah ketersediaan koleksi buku fiksi agar siswa lebih tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan dan pihak sekolah harus memberikan motivasi yang lebih kepada siswa agar dapat memanfaatkan ketersediaan koleksi di perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj, Sri Rumani, SH.,SIP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan koleksi, buku fiksi, minat kunjung.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Apr 2016 14:56
Last Modified: 15 Apr 2016 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum