PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

ARFITASARI, NIM. 11410078 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA)
11410078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ARFITASARI. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Komputer terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam membentuk generasi bangsa yang taat beragama, serta mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran PAI dengan menggunakan media berbantuan komputer dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah yang berdampak pada hasil pembelajaran. Berdasarkan kenyataan yang ada, di era modern ini sudah banyak guru dan siswa yang sudah tidak asing lagi dengan teknologi terutama komputer, hingga dapat maju dalam bidang sains dan teknologi. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media komputer berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini bertujuan membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan media berbasis komputer terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 241 siswa kelas XI MIA yang beragama Islam. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 119 siswa yang berasal dari 4 kelas yang di ambil dengan teknik Random Sampling dengn sistem undian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir angket dan butir soal tes terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,936 lebih besar dari 0,600, maka dinyatakan reliabel. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media berbasis komputer terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI MIA, dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (8,773>1,980) pada taraf signifikan 5% di dapat koefisien sebesar 0,525. Selain itu apabila dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 maka signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,525 dengan begitu Ha diterima. (2) Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi 13,0 menunjukkan R2 sebesar 0,397. Nilai tersebut berarti pengaruh penggunaan media berbasis komputer terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas XI MIA sebesar 39,7%, sisanya 60,3% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Persamaan garis regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien penggunaan media berbasis komputer (X) sebesar 0,525 yang berarti apabila nilai penggunaan media berbasis komputer meningkat satu satuan, maka nilai prestasi belajar PAI akan meningkat sebesar 0,525 satuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2016 10:58
Last Modified: 19 Apr 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum