EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA ALQUR’AN DI MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

YULIANA, NIM. 11470157 (2015) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA ALQUR’AN DI MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA ALQUR’AN DI MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
11470157_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA ALQUR’AN DI MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
11470157_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, bagaimana penekanannya agar mewujudkan generasi bangsa yang bukan hanya mampu mandiri dalam era global dibidang ilmu pengetahuan umum saja, akan tetapi juga mengimbanginya dengan bekal pengetahuan serta keyakinan agama yang sesuai syariat islam serta generasi yang qur’ani. Dari situlah penulis ingin mengukur seberapa besar tingkat efektifitas pelaksanaan program eksrakurikuler Baca Al-Qur’an di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Bidang Kurikulum, Guru Pembimbing dan siswa MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan: 1. Pelaksanaan Program Eksrakurikuler Baca Al-Qur’an di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta menerapkan pembinaan materi dengan metode sorogan, pelaksanaan pembinaanya sesuai dengan kelas regular, siswa belajar secara langsung dengan guru pembimbing secara individu dengan membaca Al-Qur’an maupun Iqra’,dan hafalan surat-surat pendek. 2. Faktor yang mempengaruhi Proses Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an, yaitu 1) Siswa, tingkat kecerdasaan, minat dan motivasi serta lingkungan tempat tinggal siswa yang berbeda-beda. 2) Sekolah, kurangnya waktu pengajaran, kemampuan guru pembimbing serta kurangnya buku pedoman bagi siswa. 3. . Keefektifan Pelaksanaan Program Eksrakurikuler Baca Al-Qur’an di MTs YAPI Pakem Sleman Yogyakarta dari segi proses dinilai sudah efektif dilihat dari pelaksanaannya sudah selaras dan berjalan efektif, dari segi hasil evalusi dinilai cukup efektif, siswa sudah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’annya dengan menghafalkan surat-surat pendek, akan tetapi siswa kurang terampil dalam menulis Al-Qur’an dengan baik dan rapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Baca Al-Qur’an
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 14:43
Last Modified: 22 Apr 2016 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum