EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman)

UMY SALAMAH, NIM. 12420110 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman))
12420110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN “MIND MAP TONY BUZAN” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB (Studi Eksperimen pada Kelas XI MAN Pakem Sleman))
12420110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Penelitian ini memiliki dua variabel, yang pertama variabel bebas yaitu mind map Tony Buzan dan tanpa mind map Tony Buzan, yang kedua variabel terikat yaitu kreativitas berpikir dan prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Pakem Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pretes dan posttes berupa angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan mind map Tony Buzan lebih efektif daripada pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan mind map Tony Buzan terhadap kreativitas berpikir dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN Pakem Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penggunaan metode pembelajaran mind map Tony Buzan dalam pembelajara bahasa Arab dimulai dengan guru membagi tugas secara individu dan dilanjutkan dengan tugas kelompok. Dalam tugas individu siswa membuat mind map sesuai materi dengan kreativitas mereka masing-masing. Adapun dalam tugas kelompok, siswa saling bertukar pikiran dan bekerjasama dengan baik guna menghasilkan karya yang terbaik. Kedua, adanya perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke postest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest sebesar 38,9412 dan nilai postest sebesar 66,6471 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol rata-ata nilai pretest sebesar 33,5263 dan nilai postest sebesar 52,6316. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan metode pembelajaran mind map Tony Buzan. Kata kunci : Eksperimen, Mind Map Tony Buzan, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Mind Map Tony Buzan, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:31
Last Modified: 02 Jun 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum