ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 YANG BEKERJA DI LUAR JAM PERKULIAHAN

RIA CAHYAWATI, NIM. 12420117 (2016) ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 YANG BEKERJA DI LUAR JAM PERKULIAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 YANG BEKERJA DI LUAR JAM PERKULIAHAN)
12420117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2012 YANG BEKERJA DI LUAR JAM PERKULIAHAN)
12420117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (936kB)

Abstract

RIA CAHYAWATI. Analisis Manajemen Waktu Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2012 yang Bekerja di Luar Jam Perkuliahan. Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Idealnya seorang mahasiswa adalah fokus untuk belajar, apalagi di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang nantinya dituntut untuk menjadi pendidik bahasa Arab yang profesional, untuk menjadi pendidik yang profesional tentu dibutuhkan kefokusan dan keseriusan belajar untuk mencapainya, kenyataannya terdapat beberapa mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang sudah bekerja pada masa studi. Tentunya setelah bekerja, tugas dan tanggung jawab mereka akan semakin bertambah seiring status gandanya sebagai mahasiswa dan pekerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2012. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Latar belakang mahasiswa pekerja yang bekerja diluar jam perkuliahan yaitu karena faktor ekonomi dan faktor mencari pengalaman (2) Perkembangan keaktifan dalam mengikuti perkuliahan setelah bekerja adalah semakin aktif, menurun dan sama-sama aktif. (3) Manajemen belajar responden dalam studinya adalah ada yang mendapat dukungan dari pihak keluarga, pimpinan/rekan kerja, teman mahasiswa terhadap status gandanya sehingga termotivasi untuk belajar, ada juga yang tidak mendapat dukungan dari salah satu pihak sehingga terkadang memprioritaskan urusan kerjanya. Ada pula yang benar-benar memprioritaskan kuliahnya. Akan tetapi dalam belajarnya responden tetap memanfaatkan waktu luang mereka untuk belajar, menguasai materi sebelum perkuliahan berlangsung, menyempatkan diri untuk membaca materi setiap hari, selain itu responden juga menyempatkan diri untuk mengunjungi perpustakaan, kategori buku yang responden baca adalah buku yang basiknya Arab. (4) Perkembangan prestasi akademik yang diraih responden tidak menurun secara signifikan dan masuk dalam predikat sangat memuaskan dan dengan pujian. Kata kunci : mahasiswa, manajemen waktu belajar, prestasi akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, manajemen waktu belajar, prestasi akademik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:11
Last Modified: 01 Jun 2016 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum