MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SDN WONOAGUNG 02 KASEMBON MALANG JAWA TIMUR

AHMAD MUSTAMI, SPDI, NIM. 1420410103 (2016) MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SDN WONOAGUNG 02 KASEMBON MALANG JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SDN WONOAGUNG 02 KASEMBON MALANG JAWA TIMUR)
1420410103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SDN WONOAGUNG 02 KASEMBON MALANG JAWA TIMUR)
1420410103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malng Jawa Timur. Judulnya adalah “Manajemen Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur”. Dari penelitian ini Rumusan masalahnya adalah bagaimana manajemen KTSP (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian) di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan cara observasi, dalam hal ini peneliti akan mengamati guru dalam menggunakan KTSP ini. Wawancara, peneliti bertanya tentang bagaimana manajemen KTSP di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur kepada Kepala Sekolah dan Guru. Dokumentasi, dalam hal ini dokumen yang penulis teliti adalah dokumen yang berkaitan dengan kurikulum KTSP seperti RPP, Prota, Prosem, silabus dan lain-lain di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur. Hasil penelitiannya adalah Pada tahap perencanaan pihak SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa timur merumuskan pembuatan kurikulum secara bersama dengan orang tua siswa (stakeholder). Mereka mendiskusikan bagaimana kurikulum yang seharusnya diterapkan di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur sehingga akan tercipta kurikulum yang baik di SD tersebut. Dalam melakukan proses perumusan kurikulum tersebut, pihak sekolah dan orang tua siswa hanya menetapkan indikator pembelajaran saja sebab Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah Kabupaten Malang. Pengorganisasian Kurikulum di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur ini dilakukan dengan berbagai macam cara seperti melalui MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), KKG (Kelompok Kerja Guru) dan Rapat Komite Sekolah. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kurikulum di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur. Kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam melakukan pengorganisasiaan kurikulum ini adalah kurangnya atau minimnyua saran atau masukan dari orangtua siswa dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur. ix Dalam tahap pelaksanaan, seseorang guru harus melaksanakan kurikulum sesuai dengan rumusannya sehingga tercapai tujuan yang baik dari pembuatan kurikulum itu sendiri. Pada SDN Wonoagung 02 Kasembon Malang Jawa Timur, pelaksanaan Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat ataupun kabupaten Malang. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan kurikulum ini adalah kemaampuan siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru pada saat mengajar di dalam kelas sehingga mengakibatkan sebagian murid belum dapat menegerti dengan materi yang disampaikan oleh guru. Evaluasi yang dilakukan oleh guru mengacu pada indikator pembelajaran dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan bersama serta menilai juga tiga aspek pengembangan potensi peserta didik seperti sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik). Kendala yang dihadapi oleh guru adalah pada aspek afektif penilaian yang dilakukan oleh guru belum terdokumentasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:38
Last Modified: 27 Apr 2016 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum