KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI Q.S. AL-MU’MINUN 23 : 1-11 DALAM TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA

MULLIYADI, NIM. 11470101 (2016) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI Q.S. AL-MU’MINUN 23 : 1-11 DALAM TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Q.S. Al-Mu’minun 23 : 1-11 dalam Tafsir Al-Azhar Karya HAMKA)
11470101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Studi Q.S. Al-Mu’minun 23 : 1-11 dalam Tafsir Al-Azhar Karya HAMKA)
11470101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pendidikan Akhlak yang merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Karena tanpa akhlak, manusia tidak akan memiliki derajat sebagai manusia yang mulia, dan dengan akhlak itulah manusia dapat membedakan antara perbuatan yang baik dan buruk. Pendidikan akhlak Islam dalam gambaran yang sangat praktis tetapi terarah, berpengaruh dan relevan dengan kehidupan seseorang dalam hubungannya dengan Tuhan maupun dalam bermasyarakat. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemikiran HAMKA terkait dengan pendidikan Islam; (2) Apa hubungan surah Al-Mu’minun ayat 1-11 dengan pendidikan akhlak; (3) Bagaimana konsep pendidikan akhlak yang terdapat dalam surah Al-Mu’minun ayat 1-11 menurut Tafsir Al-Azhar karya HAMKA Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah : (1) Menurut HAMKA tujuan pendidikan Islam sangat luas, tidak hanya mencakup pemberian pengetahuan belaka, tetapi lebih dari itu, pendidikan adalah sarana untuk menjadikan seseorang (murid) menjadi hamba Allah, sesuai dengan tujuan terciptanya manusia, yaitu untuk selalu beribadah kepada-Nya.; (2) Surah Al Mu’minun 1-11 berbicara tentang bagaimana sikap kita kepada Allah, kepada sesama manusia, kepada dirinya sendiri, sampai pada sikap pada kemaluan. Akhlak tersebut diharapkan ada pada setiap diri orang yang beriman untuk mencapai jannah.; (3) Konsep pendidikan sebagaimana penafsiran HAMKA dalam Surah Al Mu’minun ayat 1-11, proses pendidikan akhlak haruslah diawali dengan membentuk benteng yang kokoh, yaitu dengan menjalankan sholat secara khusyu’ sebagaimana penafsiran HAMKA pada ayat ke 2 dari Surat Al Mu’minun. pemikiran HAMKA dalam tafsir Al-Azhar QS Al-Mu’minun ayat 1-11 meliputi beberapa dimensi tidak hanya pada dimensi kognitif. Tetapi meliputi keseluruhan dimensi kemanusiaan serta mengupayakan memenangkan fitrah dan akal terhadap hawa nafsu;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 09:47
Last Modified: 16 May 2016 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum