PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII MTs/SMP

MUJI NUR HAYATI, NIM. 11680001 (2016) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII MTs/SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII MTs/SMP)
11680001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN KEISLAMAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII MTs/SMP)
11680001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul biologi materi klasifikasi makhluk hidup bermuatan keislaman untuk siswa kelas VII MTs/ SMP dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE melalui 3 tahap yaitu Analysis, Design, dan Development. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri dari 5 komponen yaitu materi, kebahasaan, kegrafikan, keterlaksanaan, dan penyajian. Tahap validasi dilakukan oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 4 peer reviewer. Uji terbatas penilaian keterbacaan dilakukan oleh 2 guru IPA MTs dan 29 siswa MTs kelas VII. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif. Hasil penelitian dari tiap penilai dikonversi menjadi data kuantitatif, kemudian dirata-rata dan dibuat persentase sehingga diketahui kualitas modul. Kualitas modul menurut penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru IPA MTs berkategori sangat baik dengan persentase keidealan berturut-turut 92 %, 87,7 %, 89,13 %, dan 84,35%. Adapun respon siswa mendapatkan kategori sangat setuju dengan persentase penilaian 86,76%. Produk yang dikembangkan perlu diimplementasikan untuk mengetahui kelayakan produk, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar siswa kelas VII MTs/SMP. Kata Kunci : Modul, Klasifikasi Makhluk Hidup, Muatan Keislaman, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lela Susilawati, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Modul, Klasifikasi Makhluk Hidup, Muatan Keislaman, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:39
Last Modified: 02 Jun 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum