POLA PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA GONDANGSARI SUMOWONO JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015-2016

DYAH FIFIN FATIMAH, NIM.12490018 (2016) POLA PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA GONDANGSARI SUMOWONO JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA GONDANGSARI SUMOWONO JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015-2016)
12490018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (POLA PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA GONDANGSARI SUMOWONO JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015-2016)
12490018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap keistimewaan PAUD Ceria. Keistimewaan tersebut antara lain guru yang membimbing masih belum memenuhi standar kualifikasi akademik seperti lulusan Diploma IV atau S1, mempunyai siswa yang berprestasi, serta orang tua dan masyarakat sekitar yang selalu mendukung keberadaan PAUD Ceria. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi Planning, Organizing, Actuating, Controling serta ingin melihat seberapa besar perubahan pola pikir masyarakat mengenai pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di PAUD Ceria Gondangsari Sumowono Jawa Tengah.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara triangulasi serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan: (1) pola pengelolaan pendidikan anak usia dini PAUD Ceria dalam proses pengelolaannya menggunakan metode POAC. Dalam setiap kegiatan selalu dilaksanakan perencanaan, setelah itu melakukan pengorganisasian dengan berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Sedangkan untuk pelaksanaannya selalu menyisipkan materi tentang pendidikan Agama. Controling atau pengawasan selalu dilakukan PAUD Ceria pada setiap harinya. (2) faktor pendukung dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini adalah: adanya semangat belajar siswa, adanya kerjasama antara sesama pendidik, terdapat peran dari masyarakat, adanya sikap sering terbuka antara pendidik dengan orang tua siswa, adanya kersama antara guru dengan orang tua siswa, terdapat kerjasama dari pemerintah. Faktor penghambat dari pengelolaan pendidikan anak usia dini adalah: kondisi pekerjaan orang tua, kondisi tempat PAUD yang tidak memenuhi syarat. Solusi dalam mengatasi hambatan adalah: menjalin komunikasi dengan orang tua, mengadakan komunikasi dengan pemerintah. (3) Hasil pola pengelolaan PAUD Ceria adalah: siswa memperoleh banyak prestasi dengan berbagai macam kejuaraan, peningkatan jumlah siswa yang cukup meningkat pada setiap tahunnya, dan mampu merubah pola pikir masyaraktat bahwa pendidikan anak usia dini itu penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. NUR ROHMAH, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pola Pengelolaan, Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 13:43
Last Modified: 16 May 2016 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum