HUBUNGAN KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Menurut Persepsi Mahasiswa)

LAILATUS SA’DIYAH, NIM. 1420010017 (2016) HUBUNGAN KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Menurut Persepsi Mahasiswa). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Menurut Persepsi Mahasiswa))
1420010017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (Menurut Persepsi Mahasiswa))
1420010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan perpustakaan perguruan tinggi dalam mencapai tujuannya adalah dengan menyediakan fasilitas yang memadai untuk pemustaka, salah satunya dengan menyediakan koleksi perpustakaan. Koleksi harus berdasarkan kepada kebutuhan pengguna, demi memuaskan kebutuhan yang sangat beragam dalam pemanfaatannya karena jika tidak berdasarkan kepada kebutuhan pemustaka koleksi yang telah ada akan menjadi sia-sia saja. Kepuasan pemustaka akan diperoleh apabila koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan sesuai dengan harapan dari pengguna perpustakaan, yaitu mendapatkan koleksi sesuai yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat ketersediaan koleksi perpustakaan dan tingkat kepuasan pemustaka Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (menurut persepsi mahasiswa) serta menganalisis ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara ketersediaan koleksi perpustakaan dan kepuasan pemustaka Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (menurut persepsi mahasiswa). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik accidental sampling yaitu pemustaka yang berkunjung pada Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama waktu penelitian diambil sebanyak 217 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabel penelitian berdasarkan skala likert. Adapun teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif statistik dengan uji korelasi dan uji hipotesis untuk mengetahui hubungan antara variabel peneltian. Hasil perolehan data mengenai ketersediaan koleksi di Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dikategorikan lengkap dengan skor 2,73. Hasil perolehan data kepuasan pemustaka di Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dikategorikan baik dengan skor 2,76. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa ketersediaan koleksi mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,721 (> r tabel 0,138) dengan signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) yang mana terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan koleksi perpustakaan dan kepuasan pemustaka diterima. Berdasarkan hal tersebut, maka disarankan kepada Perpustakaan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menambahkan/lebih memperhatikan ketersediaan koleksi tabloid dan majalah serta dapat lebih meningkatkan kelengkapan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka Kata Kunci: Ketersediaan koleksi perpustakaan, kepuasan pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan koleksi perpustakaan, kepuasan pemustaka.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:44
Last Modified: 07 Mar 2024 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum