FUNGSI ORGANISASI IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT (IGTKM) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU-GURU RA DI KABUPATEN MAGELANG

NAILATUL MUNA, NIM. 12490069 (2016) FUNGSI ORGANISASI IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT (IGTKM) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU-GURU RA DI KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI ORGANISASI IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT (IGTKM) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU-GURU RA DI KABUPATEN MAGELANG)
12490069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI ORGANISASI IKATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK MUSLIMAT (IGTKM) DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU-GURU RA DI KABUPATEN MAGELANG)
12490069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah organisasi IGTKM Kabupaten Magelang merupakan salah satu organisasi aktif sebagai wadah profesi guru telah mampu meningkatkan profesionalisme guru baik dari segi pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam mengajar, melalui beberapa program selain itu juga karena melihat dilapangan masih banyak para guru yang masih kesulitan dalam menjalankan fungsi dan tugasnnya sebagai pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dan langkah-langkah yang dilakukan IGTKM Kabupaten Magelang dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan objek penelitian IGTKM kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yaitu data yang peneliti peroleh dianalisi sesuai dengan keadaan dan situasi sebenarnya kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi, dengan cara Check recheck dan Cross checking. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Perlunya organisasi Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Muslimat Kab. Magelang dalam peningkatan profesionalisme guru. (2) Program-program untuk peningkatan profesionalisme guru seperti a) pembinaan rutin dan insindental yang berkaitan dengan peningkatan kualifikasi & kompetensi guru, b) mengadakan diskusi, dialog, pelatihan, dan kerjasama dengan pihak luar (exsternal), c) diskusi internal dengan para anggota IGTKM seperti diskusi permasalahan yang dihadapi dilapangan, d) melakukan koordinasi dengan pihak yang terkait, e) Study Banding. (3) Peran IGTKM Kab. Magelang dalam peningkatan profesionalisme sebagai wadah atau prasarana dalam menyalurkan aspirasi & sebagai wadah pembinaan dalam mengembangkan karier dan kemampuan profesional tenaga pendidik, sebagai penyebaran informasi dan inovasi dalam bidang pendidikan, sebagai pengontrol dan pengembang pengelolaan pendidikan dan untuk melindungi profesi guru dan untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. JAMROH LATIEF M.Si,
Uncontrolled Keywords: Peran Organisasi, Profesionalisme.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 May 2016 09:40
Last Modified: 24 May 2016 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum