IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (KESIAPAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL)

NESTITI MURTI SARI, NIM. 12490096 (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (KESIAPAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (KESIAPAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL))
12490096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (KESIAPAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MAN WONOKROMO BANTUL))
12490096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap Kurikulum 2013 terutama pada kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengimplementasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kesiapan pendidik dan tenaga kependidikan dalam implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan mengambil latar di MAN Wonokromo Bantul. Pengambilan subyek penelitian yaitu 7 Pendidik (guru Biologi, guru Matematika, guru Bahasa Indonesia, guru Bahasa Inggris, guru Akidah Akhlak , guru Tafsir, guru Sosiologi Pendidikan) dan 3 Tenaga Kependidikan (Kepala Madrasah, kepala Perpustakaan dan Pustakawan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentansi. Teknik penentuan validitas dan keabsahan data dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan pendidik baik dari rumpun IPA, Bahasa, Agama maupun IPS di MAN Wonokromo Bantul sudah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, baik siap secara pedagogik, profesional, kepribadian maupun sosial. Sementara itu, tenaga kependidikan di MAN Wonokromo Bantul dari Kepala Madrasah sudah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 baik siap secara manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian maupun sosial. Kemudian, tenaga kependidikan dari Pustakawan juga sudah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, baik siap secara pengelolaan perpustakaan, pengembangan sistem kepustakawanan maupun pelayanan perpustakaan. Sehingga, Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN Wonokromo Bantul benar-benar sudah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 walaupun kurikulum tersebut tergolong kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya semua kriteria kesiapan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan adanya penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar di Madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. WIJI HIDAYATI, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Kesiapan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, MAN Wonokromo Bantul.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 May 2016 10:52
Last Modified: 24 May 2016 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum