UPAYA PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DARI TAHUN AJARAN 2011/2012 – 2014/2015

Ranti Safi’ah, NIM.11480017 (2016) UPAYA PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DARI TAHUN AJARAN 2011/2012 – 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DARI TAHUN AJARAN 2011/2012 – 2014/2015)
11480017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENGEMBANGAN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF BEGO DARI TAHUN AJARAN 2011/2012 – 2014/2015)
11480017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai madrasah yang pernah mengalami kemerosotan, bermacam upaya dilakukan untuk dapat menyelamatkan MI Ma’arif Bego. Kepala Madrasah menjadi penggerak utama dalam upaya pengembangan yang ada di MI Ma’arif Bego. Diantara tahun ajaran 2011/2012 sampai 2014/2015 dapat dilihat perkembangan yang dialami oleh madrasah. Permasalahan yang dikaji fokus kepada: upaya pengembangan MI Ma’arif Bego dari tahun ajaran 2011/2012 sampai 2014/2015 yang terdiri dari pengembangan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis sama data lapangan serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya pengembangan prestasi siswa dari input melalui promosi pada kegiatan gebyar maulid, pengajian ahad padi dan mujahadah. Proses melalui program conversation, program tahfidz, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, outbound, reward untuk siswa berprestasi dan program peningkatan nilai UAN/UAS setiap tahun 0.50 poin, budaya sopan santun, lulusan hafal Juz 30, budaya ramah lingkungan. Upaya pengembangan mutu guru dan tenaga kependidikan dengan studi banding dan kegiatan penguatan kelembagaan seperti Bimtek, Diklat, Workshop, Pelatihan, KKG, MGMP, K3M. Upaya pengembangan sarana dan prasarana dilakukan dengan membangunan gazebo, merenovasi masjid, menambah ruang kelas. Upaya pengembangan pembiayaan yakni sumber pendapatan dari iuran bulanan kelas I-VI, APBN, BOS, dan donasi jamaah Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro. Upaya pengembangan manajemen/pengelolaan madrasah melalui penjaringan siswa baru, RKJM, RKAM, pengembangan sistem informasi sekolah, pelaksanaan akreditasi, penelusuran tamatan. Kedua, faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana yang belum maksimal, keterbatasan dana pengembangan, manajemen madrasah yang belum optimal, tenaga kerja yang belum profesional. Faktor pendukung yakni adanya yayasan pondok pesantren pangeran diponegoro sebagai mediator, kepala madrasah sebagai penggerak otonomi madrasah, adanya dukungan dari masyarakat dusun sembego, adanya dukungan dari pemerintah, semangat gotong royong dan kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. SITI JOHARIYAH, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan mutu, madrasah ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 May 2016 08:53
Last Modified: 25 May 2016 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum