PERSEPSI SDM MIN JEJERAN, BANTUL TENTANG PERAN KEPALA MADRASAH

ANANG AMIRUDDIN NUGROHO, NIM. 11480038 (2016) PERSEPSI SDM MIN JEJERAN, BANTUL TENTANG PERAN KEPALA MADRASAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SDM MIN JEJERAN, BANTUL TENTANG PERAN KEPALA MADRASAH)
11480038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERSEPSI SDM MIN JEJERAN, BANTUL TENTANG PERAN KEPALA MADRASAH)
11480038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM). Ada empat alasan mengapa dibutuhkan figur pemimpin. Pertama, banyak orang memerlukan figur pemimpin. Kedua, dalam beberapa situasi pemimpin perlu tampil untuk mewakili kelompoknya. Ketiga, sebagai tempat pengambil alihan resiko bila terjadi tekanan kepada kelompoknya. Keempat, sebagai tempat untuk meletakkan kekuasaan. Konsep MBM terpadu telah terwujud secara baik di MIN Jejeran Bantul. Keterwujudan tersebut tampak pada konteks pengembangan mutu pendidikan, yang bermula dari desain pengembangan sarana prasarana yang diselaraskan dengan sistem kurikulum serta kegiatan ekstrakurikuler siswa. Raihan prestasi sehingga menjadi madrasah unggulan berikut perwujudan MBM terpadu di MIN Jejeran Bantul tidak lepas dari peran manajemen kepala madrasah. Sebab hanya dengan peran manajemen maka visi, misi dan tujuan organisasi akan terwujud. Maka penelitian ini difungsikan untuk mengetahui tentang peran Kepala Madrasah, melalui berbagai persepsi SDM di MIN Jejeran, Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah Guru dan Karyawan. Objeknya adalah peran kepala madrasah sebagai pemeran antarpersonal, peran informasional, dan peran pengambilan keputusan. Pengumpulan data dengan teknik observasi, pengisian angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan (reduksi data), triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran antarpersonal Kepala MIN Jejeran Bantul dinilai sangat baik dengan prosentase sebesar 84,44%. Angka ini menunjukkan bahwa kepala madrasah sangat baik dalam menjalankan peran antarpersonal pada penyelengaraan manajemen berbasis madrasah. Peran informasional Kepala MIN Jejeran Bantul juga dinilai sangat baik dengan prosentase sebesar 81,21%. Nilai ini mengindikasikan bahwa Kepala MIN Jejeran Bantul sangat baik dalam menjalankan peran informasional pada penyelenggaraan manajemen berbasis madrasah. Peran informasional yang paling menonjol dari kepala madrasah adalah peran mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi pada program-program manajemen berbasis manajemen. Di mana peran ini merupakan peran pemantau. Peran pengambilan keputusan memperoleh penilaian sangat baik dengan prosentase sebesar 82,77%. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepala madrasah sangat baik dalam menjalankan peran pengambilan keputusan pada penyelenggaraan manajemen berbasis madrasah. Peran pengambilan keputusan paling menonjol adalah bahwa Kepala MIN Jejeran Bantul selalu meminta sumbangsih warga madrasah untuk memberikan peran terbaiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIGIT PRASETYO, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Persepsi SDM, Peran Kepala Madrasah (Antar Personal, Informasional dan Pengambilan Keputusan)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 May 2016 09:37
Last Modified: 25 May 2016 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum