PENGARUH PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS I MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

ENDAH KUSUMANING TYAS, NIM .11480068 (2016) PENGARUH PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS I MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS I MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
11480068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTAQ) TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS I MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
11480068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini semakin membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik. Demikian juga dalam hal pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode/sistem, pendekatan atau perencanaan manajemen yang matang. Karena program Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini guna menyiapkan generasi Qur’ani yang berkualitas dan berakhlaq mulia sehingga nantinya dapat dijadikan landasan untuk mendalami ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi/sumbangan pembelajaran BTAQ terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas I MIN Tempel Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel independen pembelajaran program BTAQ (X). Data variabel tersebut dikumpulkan dengan metode angket. Sedangkan variabel dependen yaitu pencapaian kompetensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis (Y) diperoleh dari prestasi hasil belajar siswa yakni data rata-rata nilai ujian tengah semester (UTS) gasal tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian populasi kelas I MIN Tempel yang mengikuti program BTAQ yakni kelas IA dan IC sejumlah 65 siswa ditentukan sebagai responden penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran BTAQ di MIN Tempel dikategorikan cukup efektif dengan besar persentase 61,5%. 2) Nilai pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas 1A dan 1C berada pada kategori sedang (76,9%) yakni kisaran 62,1147 < 94,0612, sedangkan sebesar 86,2% (56 siswa) dalam kategori tuntas dalam pencapaian KKM. 3) Pengaruh program BTAQ terhadap pencapaian kompetensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebesar 2% (R2=0,020) dan 98% (100% - 2%) dipengaruhi oleh variabel lain. Karena terlalu kecil kontribusinya, menurut uji hipotesis menunjukkan tidak ada kontribusi dari pembelajaran BTAQ MIN Tempel Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: K. H. JAUHAR HATTA, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Hadis, Program BTAQ
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 May 2016 09:51
Last Modified: 25 May 2016 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum