PERAN KPI ‘MINA NGELO SEMBADA’ DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Studi Terhadap Kelompok Pembudidaya Ikan ‘Mina Ngelo Sembada’ di Harjobinangun, Pakem, Sleman

FIKRI AMALI, NIM: 08230025 (2016) PERAN KPI ‘MINA NGELO SEMBADA’ DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Studi Terhadap Kelompok Pembudidaya Ikan ‘Mina Ngelo Sembada’ di Harjobinangun, Pakem, Sleman. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KPI ‘MINA NGELO SEMBADA’ DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Studi Terhadap Kelompok Pembudidaya Ikan ‘Mina Ngelo Sembada’ di Harjobinangun, Pakem, Sleman)
08230025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KPI ‘MINA NGELO SEMBADA’ DALAM MEMBANGUN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Studi Terhadap Kelompok Pembudidaya Ikan ‘Mina Ngelo Sembada’ di Harjobinangun, Pakem, Sleman)
08230025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan beberapa peran yang dilakukan oleh KPI Mina Ngelo Sembada, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Subjek penelitian terdiri dari para anggota kelompok KPI Mina Ngelo Sembada, Pendamping PPL dan pengurus kelompok. Pemilihan informan sebagai subjek penelitian dilakukan dengan cara Kay Informan yaitu dengan memilih tohok-tokoh kunci. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian menemukan bahwa beberapa peran KPI Mina Ngelo Sembada dalam membangun kesejahteraan anggotanya adalah dengan melakukan: Pertama, peran sebagai fasilitator, yaitu dengan menfaslitasi pertemuan rutin kelompok setiap sekali pada tanggal 1 awal bulan dimana tujuannya adalah untuk membahas persoalan yang dihadapai oleh kelompok dalam melakukan kegiatan budidaya mina padi serta simpan pinjam, Kedua, peran sebagai pendidik dan pelatih yaitu berupa pelatihan produksi makanan, manajemen kelompok, pembuatan pakan ikan, pengembangan benih ikan. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membuka wacana berpikir yang benar dalam arti mengetahui fungsi dan tugas masing-masing anggota. Ketiga, peran sebagai nilai tawar anggota, yaitu dengan melakukan konsolidasi anggota kelompok, serta untuk melakukan dan menyatukan kegiatan kolektifan produksi kelompok mina padi agar dapat meningkatkan nila tawar petani. Hasil dari beberapa peran tersebut kemudian mempunyai efek pada peningkatan taraf ekonomi anggota, serta peningkatan sumber daya anggota. Adapaun dalam melakukan kegiatan untuk membangun kesejahteraan masyarakat dan anggota, terdapat beberapa faktor menjadi pendukung dan penghambat. Fakor pendukungnya adalah (1). Kelompok Mina Ngelo Sembada mempunyai kesamaan pekerjaan dan tempat tinggal, yaitu mereka petani mina padi. (2) adanya kegiatan simpan-pinjam, dan (3) Motivasi anggota dalam mengembangkan usahanya dan menambah penghasilan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam usaha untuk memajukan dan mensejahterakan anggota dan masyarakatnya adalah berasal dari internal kelompok sendiri yaitu Faktor kemalasan anggota menjadi faktor utama penghambat, karena para anggota sendiri sudah sibuk dengan kegiatan dirumah, sehingga terkadang tidak mempunyai waktu luang untuk mengikuti program pertemuan serta program kelompok. Kata kunci: Mina Ngelo Sembada, Petani, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Mina Ngelo Sembada, Petani, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Jun 2016 10:52
Last Modified: 06 Jun 2016 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum