AL-MAJAZ FI "ASY-SYARAB ATH-THAHUR MIN MAULIDI WA SIRATI BADRI AL-BUDUR" LI HABIB UMAR BIN HAFIDL (DIRASAH TAHLILIYYAH IHSAIYYAH MAJAZIYYAH

MUHAMMAD MUHLIS, NIM. 11110117 (2016) AL-MAJAZ FI "ASY-SYARAB ATH-THAHUR MIN MAULIDI WA SIRATI BADRI AL-BUDUR" LI HABIB UMAR BIN HAFIDL (DIRASAH TAHLILIYYAH IHSAIYYAH MAJAZIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-MAJAZ FI "ASY-SYARAB ATH-THAHIIR MIN MAULIDI WA SFRATI BADRI AL-BUDIIR" LI HABIB UMAR BIN HAJFDL (DIRASAH TAHMIYYAH LHSHAIYYAH MAJAZIYYAH)
11110117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA(1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL-MAJAZ FI "ASY-SYARAB ATH-THAHIIR MIN MAULIDI WA SFRATI BADRI AL-BUDIIR" LI HABIB UMAR BIN HAJFDL (DIRASAH TAHMIYYAH LHSHAIYYAH MAJAZIYYAH)
11110117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kitab as-Sya ab ath-Tha ur Min Maulidi W rati Badri al- r adalah karya Habib Umar bin Hafidz Yaman. Di dalamnya terdapat keterangan tentang kelahiran dan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW serta pujian dan sholawat kepadanya. Kitab ini menggunakan gaya bahasa sastra yang indah, yang mana di dalamnya terdapat banyak unsur-unsur majaz dalam ilmu balaghah. Oleh karena itu, peneliti berkeinginan untuk membahas kitab ini dari segi ilmu majaz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah majaz yang ditemukan dalam kitab itu dan apa saja macam-macamnya serta faidahnya. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk mempelajari kitab ini dari segi ilmu majaz. Peneliti menggunakan metode kajian pustaka, adapun sistematika penulisannya peneliti bersandar kepada buku panduan yang diterbitkan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, sedangkan dalam analisis masalahnya, peneliti menggunakan teori ilmu majaz. Hasil penelitan menunjukkan kesimpulan bahwa ditemukan macam-macam majaz yang digunakan oleh Habib Umar bin Hafidz dalam kitabnya yaitu majaz lughawi beserta cabangnya yang terdiri dari q ’ ada 4, z mursal q liyah ada 5, jaz mursal qah mahalliyah ada 2, jaz mursal q ’ k nu ada 3, dan ’ hiyyah ada 16 dan makniyyah ada 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko, M.Ag.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2016 13:43
Last Modified: 27 Jul 2016 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum