TIPE KEPEMIMPINAN SISWI DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA ORGANISASI OTONOM MUHAMMADIYAH PERIODE/MASA BHAKTI 2015/2016 DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

SITIN NURUL KHASANAH, NIM. 12490016 (2016) TIPE KEPEMIMPINAN SISWI DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA ORGANISASI OTONOM MUHAMMADIYAH PERIODE/MASA BHAKTI 2015/2016 DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TIPE KEPEMIMPINAN SISWI DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA ORGANISASI OTONOM MUHAMMADIYAH PERIODE/MASA BHAKTI 2015/2016 DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
12490016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TIPE KEPEMIMPINAN SISWI DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA ORGANISASI OTONOM MUHAMMADIYAH PERIODE/MASA BHAKTI 2015/2016 DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
12490016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Secara umum latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap kepemimpinan siswi dalam organisasi otonom Muhammadiyah yang memiliki peran sebagai inisiator dan teladan yang baik dalam memimpin organisasi dan penerapan nilai-nilai religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait tipe kepemimpinan ketua umum organisasi otonom Muhammadiyah, usaha ketua umum dalam penerapan nilai-nilai religiusitas, dan hasil tipe kepemimpinan ketua umum terhadap nilainilai religiusitas dalam organisasi otonom Muhammadiyah periode/masa bhakti 2015/2016 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar organisasi otonom Muhammadiyah periode/masa bhakti 2015/2016 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kepemimpinan siswi dalam organisasi otonom Muhammadiyah adalah bertipe maskulin dan transformasional; (2) usaha dalam penerapan nilai-nilai religiusitas dalam organisasi adalah melalui lima dimensi berikut, yaitu Religious Belief (the Ideological Dimension), Religious Practice (the Ritual Dimension), Religious Feeling (the Experiential Dimension), Religious Knowledge (the Intellectual Dimension), dan Religious Effect (the Consequential Dimension); (3) hasil tipe kepemimpinan terhadap nilai-nilai religiusitas dalam organisasi terwujud melalui kedisiplinan mematuhi kode etik dan disiplin ibadah (sholat tepat waktu); keteladanan berdo’a sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan organisasi; adanya rasa empati terhadap sesama dengan gerakan infak dalam organisasi; semakin termotivasi dan semangat mewujudkan visi dan misi organisasi; dapat mengaktualisasikan diri sebagai panitia kegiatan Taruna Melati (TM), kajian Obrolan Jum’at Kekinian (OJK), dan Kajian Tri Mingguan (Karim) dalam organisasi IPM, sedangkan pada organisasi HW, anggota “Aspel” (Asisten Pelatih) HW menjadi lebih berani mengajar/melatih ilmu kepanduan pada anggota “Pasti” (pasukan inti HW MTs) dan pada tingkat Athfal yaitu anak-anak SD Muhammadiyah Kauman. Kata Kunci : Tipe Kepemimpinan, Nilai-nilai Religiusitas, Hasil Tipe Kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepemimpinan, Nilai-nilai Religiusitas, Hasil Tipe Kepemimpinan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:05
Last Modified: 23 Sep 2016 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum