PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MATA PELAJARAN IBADAH di SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II KOTA YOGYAKARTA

Noviana Tri Kurniawati, NIM. 12490017 (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MATA PELAJARAN IBADAH di SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MATA PELAJARAN IBADAH di SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II KOTA YOGYAKARTA)
12490017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH MELALUI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAI DALAM MATA PELAJARAN IBADAH di SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN II KOTA YOGYAKARTA)
12490017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik melalui Lesson Study dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran Ibadah di SD Muhammadiyah Karangkajen II. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Muhammdiyah Karangkajen II, Guru mata pelajaran Ibadah di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumnetasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Konsep supervisi akademik kepala sekolah di SD Muhammadiyah Karangkajen II Kota Yogyakarta yaitu menggunakan lesson study dalam upaya meningkatkan kompetensi guru PAI. (b) Proses pelaksanaan supervisi akademik di SD Muhammadiyah Karangkajen II dilakukan dalam beberapa langkah atau tahap-tahapan yang pertama, Plan (persiapan) yaitu guru mempersiapkan RPP. Kedua, Do (pelaksanaan) yaitu guru melaksanakan pembelajaran di dalam kelas seuai dengan RPP yang dibuat. Ketiga, see (refleksi) yaitu guru merefleksikan efektivitas pembelajaran kepada observer dan narasumber (c) Hasil dari pelaksanaan supervisi akademik mata pelajaran PAI melalui lesson study adalah meningkatnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Dalam upaya peningkatan mutu, kegiatan supervisi akademik tidak mengutamakan kesalahan guru agama khususnya di mata palajaran ibadah melainkan Kepala sekolah melakukan kegiatan supervisi akademik secara sungguh-sungguh, memotivasi guru serta memperbaiki kekurangannya dalam mengajar dan mengadakan pelatihan pembelajaran, mengirimkan perwakilan guru untuk mengikuti seminar, memperluas kepemimpinan partisipatif melalui rapat-rapat, mengembangkan budaya kerja dan mempersiapkan infrastruktur yang lebih baik. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Guru PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:05
Last Modified: 23 Sep 2016 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum