ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN, JUMLAH REKENING, RISK FINANCING, DAN EFISIENSI TERHADAP TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE JULI 2010-JUNI 2015

NURROHMAH, NIM. 12820042 (2016) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN, JUMLAH REKENING, RISK FINANCING, DAN EFISIENSI TERHADAP TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE JULI 2010-JUNI 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN, JUMLAH REKENING, RISK FINANCING, DAN EFISIENSI TERHADAP TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE JULI 2010-JUNI 2015)
12820042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PEMBIAYAAN, JUMLAH REKENING, RISK FINANCING, DAN EFISIENSI TERHADAP TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE JULI 2010-JUNI 2015)
12820042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan aset perbankan syariah selama periode 2009-2013 terus menunjukkan tren yang meningkat dari segi kuantitas pasca penerapan kebijakan office channeling. Penerapan office channeling dinilai belum efektif karena target pangsa pasar perbankan syariah masih belum tercapai yaitu sebesar 15% pada akhir tahun 2015, meskipun total aset perbankan syariah terus meningkat. Oleh karena itu, BI dan OJK menggulirkan kebijakan leverage model sebagai langkah untuk memperluas pangsa pasar perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pertumbuhan pembiayaan, jumlah rekening, risk financing, dan efisiensi terhadap total aset perbankan syariah di Indonesia. Variabel independen penelitian ini yaitu pertumbuhan pembiayaan, jumlah rekening, risk financing, dan efisiensi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah total aset perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelititan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria bank yang diteliti masih beroperasi, dan tersedia laporan keuangan bulanan selama periode penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan error correction model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan pembiayaan dalam jangka pendek berpengaruh terhadap total aset, tetapi dalam jangka panjang tidak berpengaruh terhadap total aset. Jumlah rekening dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap total aset, tetapi dalam jangka panjang mempengaruhi total aset. Variabel risk financing dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh terhadap total aset, sedangkan efisiensi baik dalam jangka pendek maupun jangka penjang tidak berpengaruh terhadap total aset. Secara simultan variabel independen baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap total aset perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ruspita Rani Pertiwi, S. Psi, MM
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Pembiayaan, Jumlah Rekening, Risk Financing, Efisiensi, Total Aset, ECM
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Aug 2016 14:57
Last Modified: 01 Aug 2016 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21247

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum