STRATEGI PEMBERDAYAAN ASISTEN PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2015

JUNDIYAH, NIM: 12490050 (2016) STRATEGI PEMBERDAYAAN ASISTEN PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN ASISTEN PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2015)
12490050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN ASISTEN PADA PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DAN TAHSINUL QUR’AN (PKTQ) DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2015)
12490050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pemberdayaan yang dilakukan oleh program Pengembangan Kepribadian dan Tahsinul Qur’an (PKTQ) terhadap mahasiswa (asisten). Disamping itu, dengan terdapatnya suatu keadaan di mana asisten PKTQ kurang optimal dalam berkinerja, maka pemberdayaan dirasa merupakan langkah yang penting dan strategis untuk memperbaiki, memperbarui, dan meningkatkan kinerjanya. Terlebih karena PKTQ merupakan salah satu lembaga kemahasiswaan yang keberadaannya sangat urgent di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, tentunya ketersediaan sumber daya yang berkualitas sangat diperlukan di dalamnya. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategistrategi pemberdayaan terhadap asisten yang ada pada PKTQ 2015 dalam rangka meningkatan potensi-potensi yang dimilikinya, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaannya, sekaligus untu mengetahui seperti apa hasil yang diperoleh dari strategi pemberdayaan yang telah diterapkannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di PKTQ 2015 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: (1) Strategi pemberdayaan sumber daya manusia (asisten) pada PKTQ 2015 diterapkan melalui: (a) pelatihan (b) pembiasaan, dan (c) penasihatan manajemen. (2) Faktor penghaambat dan pendukung dalam pelaksanaan strategi pemberdayaan asisten PKTQ yaitu: (a) faktor penghambat: keterbatasan dana, kesibukan mahasiswa, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program PKTQ, (b) faktor pendukung: motivasi, semangat dan kekompakan, serta banyaknya asisten yang berlatar belakang dari pesantren. (3) Hasil pelaksanaan strategi pemberdayaan asisten PKTQ adalah: (a) progresivitas pada pribadi asisten, dan (b) progresivitas pada organisasi (PKTQ 2015). Kata kunci: Strategi Pemberdayaan, Asisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, MSI
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan, Asisten.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2016 09:02
Last Modified: 26 Sep 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum