OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI NUR KHASANAH, NIM. 12490079 (2016) OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12490079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
12490079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Madrasah sebagai lembaga pendidikan memerlukan manajemen pendidikan yang baik antaranya mengenai sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana pendidikan merupakan material pendidikan yang sangat penting. Dengan adanya sarana dan prasaranatersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran di Madrasah dapat berjalan secara efektif dan efesien. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang manajemen atau pengelolaan sarana dan prasarana, serta untuk mengetahui upaya optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar santri Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil objek penelitian Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta terkait optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar santri. Dengan adanya optimalisasi serta terpenuhinya semua kebutuhan yang digunakan dalam proses pembelajaran motivasi belajar santri meningkat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta di dukung dengan angket. Analisi data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana, upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar. 1)Manajemen sarana dan prasarana Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta sesuai dengan fungsi manajemen sarana dan prasarana dari mulai perencanaan, pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan, pencatatan/ inventarisasi, dan penghapusan. 2)Upaya yang dilakukan oleh Madrasah Diniyah dalam optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yaitu: melengkapi sarana dan prasarana, bekerjasama dengan departemen sarana dan prasarana Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri dalam pemeliharaan dan pengadaanya, pengadaan pencatatan sarana dan prsarana (buku inventarisasi), pemantauan sarana dan prasarana melaui rapat evaluasi, bekerjasama dengan ustadz dan ustadzah untuk pemantauan dan pelaporan, membuat poster cinta lingkungan. 3)Motivasi belajar santri meningkat dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan manajemen sarana dan prasarana hal tersebut dapat dilihat dari semangat dan antusias santri dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci : Manajemen sarana dan prasarana dan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nur Rohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen sarana dan prasarana dan motivasi belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:20
Last Modified: 10 Oct 2016 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21333

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum