PENGARUH ANTARA GURU, SARANA PRASARANA, PROSES PEMBELAJARAN, DAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FITRIA NOVITASARI, NIM : 12490107 (2016) PENGARUH ANTARA GURU, SARANA PRASARANA, PROSES PEMBELAJARAN, DAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ANTARA GURU, SARANA PRASARANA, PROSES PEMBELAJARAN, DAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12490107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ANTARA GURU, SARANA PRASARANA, PROSES PEMBELAJARAN, DAN PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12490107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SMA Negeri 3 Yogyakarta merupakan salah satu SMA favorit di D.I Yogyakarta. Setiap tahun ajaran baru tiba sekolah ini menjadi pilihan utama bagi para calon peserta didik baru. Oleh karena itu, SMA Negeri 3 Yogyakarta selalu berusaha meningkatkan mutu untuk memberikan kepuasan pada pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh guru, sarana prasarana, proses pembelajaran, dan pembiayaan terhadap kepuasan belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan empat variabel independen yaitu guru (X1), sarana prasarana (X2), proses pembelajaran (X3), dan pembiayaan (X4). Sedangakan variabel dependen yaitu kepuasan belajar peserta didik (Y). Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena seluruh populasi kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta ditentukan sebagai responden penelitian. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dasar yang berguna untuk melihat normalitas data, korelasi bivariat, korelasi parsial, dan regresi. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, variabel guru berpengaruh positif meskipun dalam kategori sedang terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi 0.436. Kedua, variabel sarana prasarana berpengaruh positif meskipun dalam kategori rendah terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan 0.000 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi sebesar 0.356. Ketiga, variabel proses pembelajaran berpengaruh positif sekalipun rendah terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan 0.001 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi sebesar 0.256. Keempat, variabel pembiayaan berpengaruh positif meskipun dalam kategori sedang terhadap kepuasan belajar peserta didik karena angka signifikan 0.000 < 0.05 pada angka kepercayaan 95% dan koefesien korelasi sebesar 0.536. Kata Kunci: Guru, Sarana Prasarana, Proses Pembelajaran, Pembiayaan, Kepuasan Belajar Peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru, Sarana Prasarana, Proses Pembelajaran, Pembiayaan, Kepuasan Belajar Peserta didik.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2016 09:44
Last Modified: 15 Sep 2016 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21345

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum